Pasukan Sniper Kopasgat Siaga Ketat Amankan Tamu Negara KTT ASEAN di Labuan Bajo

VIVA Militer: Sniper Kopasgat TNI AU siaga di Bandara Labuan Bajo
Sumber :
  • Pen kopasgat

VIVA – Berhasil dalam pengamanan forum internasional G20 beberapa waktu lalu, kini TNI kembali mendapatkan kepercayaan dalam mengamankan perhelatan pertemuan bertaraf Internasional, yaitu Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Salah satu pasukan yang dikerahkan untuk pengamanan KTT ASEAN Ke-42 dari TNI adalah Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara.

Iya, satuan khusus pasukan elite TNI AU itu dikerahkan mulai dari pengamanan di sekitar Bandara yang akan menjadi titik atau lokasi kedatangan para tamu negara dalam forum KTT ASEAN, hingga di sejumlah titik-titik strategis yang akan dilalui para pemimpin KTT ASEAN selama acara berlangsung.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dilansir VIVA Militer dalam keterangan resmi Kopasgat, Senin, 8 Mei 2023, salah satu satuan yang dikerahkan oleh Kopasgat dalam pengamanan KTT ASEAN adalah Batalyon Komando (Yonko) 466 Kopasgat yang dipimpin langsung oleh Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Frian Alfa Risdar. 

Letkol Pas Frian Alfa Risdar mengatakan, Yonko 466 Kopasgat telah mengerahkan 111 prajuritnya dalam Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan KTT ASEAN Ke-42 untuk mengantisipasi gangguan dan ancaman selama KTT ASEAN di Labuan Bajo. Salah satunya adalah pasukan yang memiliki spesifikasi atau keahlian dalam menembak jarak jauh atau sniper.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Frian juga sudah melakukan pengecekan kesiapan pasukan sejak hari Minggu, 7 Mei 2023 kemarin di sekitar venue acara. Dia pun berpesan kepada seluruh prajurit Kopasgat yang terlibat dalam Satgas Pam VVIP KTT ASEAN Ke-42 agar dapat menjalankan tugas yang diemban ini secara profesional.

"Ini merupakan kehormatan bagi kita. Jadi jaga nama baik bangsa dan kepercayaan Pimpinan TNI kepada kita, jangan buat kesalahan sekecil apapun selama melaksanakan Pengamanan," kata Danyonko 466 Kopasgat Letkol Pas Frian Alfa Risdar dikutip VIVA Militer dari keterangan resminya, Senin, 8 Mei 2023.

VIVA Militer: Danyonko 466 Kopasgat pimpin Apel Satgas Pam VVIP KTT ASEAN Ke-42

Photo :
  • Pen kopasgat

Lebih jauh lagi Danyonko 466 Kopasgat berpesan kepada seluruh anak buahnya untuk selalu jaga kekompakan, saling peduli satu sama lain dan perhatikan faktor keamanan baik diri maupun perlengkapan.

Untuk diketahui, Satgas PAM KTT ASEAN ini dilaksanakan selama KTT ASEAN berlangsung di 3 tempat berbeda diantaranya di Bali, Pulau Tambolaka dan Labuan Bajo mulai tanggal 9 - 11 Mei 2023.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, selama forum KTT ASEAN Ke-42 tahun 2023, TNI telah mengerahkan 9.428 personel yang terdiri dari tiga matra, yaitu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Selain itu, TNI juga telah mengerahkan 162 alutsista canggih mereka untuk menjamin terlaksananya KTT ASEAN 2023 dengan aman.

"TNI akan melaksanakan pengamanan dengan profesional namun humanis serta bersinergi dengan Polri," kata Panglima TNI Laksamana Yudo Margono usai memimpin Apel Pasukan Satgas Pam VVIP di Labuan Bajo, Minggu, 7 Mei 2023 kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya