Baru 3 Bulan Menjabat, Jenderal TNI Eks Pasukan Katak Tinggalkan Jabatan Direktur di BAIS

VIVA Militer: Laksamana Pertama TNI Liber Sihombing.
Sumber :

VIVA – Panglima Tentara Nasional Indonesia, Laksamana TNI Yudo Margono telah menerbitkan Surat Keputusan nomor 426 tentang rotasi jabatan besar-besar di tubuh militer Tanah Air.

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Ada sebanyak 172 nama perwira tinggi dan perwira menengah dari ketiga matra, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut dan TNI Angkatan Udara yang masuk dalam daftar rotasi jabatan.

Nah dari 172 nama itu, ada satu nama yang bakal diulas VIVA Militer di edisi kali ini, Selasa 9 Mei 2023. Mau tahu siapa dia?.

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Dia adalah Laksamana Pertama (Laksma) TNI Liber Sihombing. Jadi dalam SK 426 yang diterbitkan pada 27 April 2023 itu, Jenderal TNI berdarah Komando Pasukan Katak (Kopaska) TNI AL itu ternyata beliau melepas salah satu jabatan penting yang ia jabat di Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI.

VIVA Militer: Laksamana Pertama TNI Liber Sihombing.

Photo :
  • Koarmada II
LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dalam SK itu disebutkan bahwa Laksma TNI Liber Sihombing melepas jabatan Direktur G BAIS dan ia ditempatkan sebagai Staf Khusus KSAL karena harus mengikuti Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XXIV di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas).

Dan melalui SK itu Panglima TNI mempercayakan jabatan Direktur G BAIS kepada Kolonel Laut (E) Ibnu Abas.

Laksma TNI Liber Sihombing mulai menjabat Direktur G BAIS pada Januari 2023, kala itu ia menggantikan  Laksma TNI Wisnu Sumarta yang dimutasi menjadi Staf Ahli KSAL bidang iptek.

Perlu diketahui, Laksma TNI Liber Sihombing ini bukan perwira tinggi TNI kaleng-kaleng lho. Jejak rekam karier militernya di dunia intelijen cukup wow.

VIVA Militer: Laksamana Pertama TNI Liber Sihombing.

Photo :
  • Koarmada II

Sebelum dipercaya menjabat Direktur G BAIS, ia bertugas sebagai Kepala Dinas Pengamanan dan Persandian TNI Angkatan Laut (Kadispamsanal).

Selain itu, Jenderal TNI lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1993 itu pernah dua kali menempati jabatan intelijen di TNI Angkatan Laut, yakni menjabat Perwira Bantu II Pengamanan Staf Intelijen di Mabes AL dan menjabat Asintel Lantamal III/Jakarta.

Enggak cuma itu saja, ia juga pernah dikirim ke Rusia untuk menjadi Atase Pertahanan Laut RI di Moskow.

Nah selain itu, walau dibesarkan dari korps teknik TNI Angkatan Laut, tapi di jiwanya mengalir darah pasukan khusus rahasia milik TNI AL, karena ia pernah menjadi bagian dari Komando Pasukan Katak (Kopaska). Bahkan dipercaya menjabat Wakil Komandan Satuan Kopaska Komando Armada Barat.

Baca: Gila, Marinir TNI Jadi Korban Akting Pingsan Anak SMA dan Netizen Bodoh di Lampung

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya