TNI AL Kerahkan 4 KRI Kawal Kegiatan Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin di Wilayah Teluk Jakarta

VIVA Militer: KRI Kujang-642 milik TNI AL
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – TNI Angkatan Laut mengerahkan sejumlah unsur kekuatan untuk mengamankan kegiatan Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin di sekitar wilayah perairan Teluk Jakarta hari ini, Senin, 15 Mei 2023.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Sore hari ini, Presiden RI Joko Widodo direncanakan akan melaksanakan penanaman mangrove di kawasan Mangrove Angke, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Sementara, Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin akan meresmikan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Untuk mengamankan kegiatan para pemimpin negara itu, TNI AL telah mengerahkan empat Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) di sekitar Kepulauan Seribu.

Empat KRI yang dikerahkan terdiri dari dua KRI jenis Patroli Cepat 60 meter dan dua KRI jenis Kapal Cepat Rudal.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

KRI tersebut yaitu KRI Kujang-642, KRI Karotang-872, KRI Barakuda-814, dan KRI Siwar-646.

Selain itu, pantauan VIVA Militer di lapangan, sejumlah Sea Raider dari pasukan elite TNI AL (Denjaka, Kopaska, dan Taifib) juga dikerahkan untuk mengawal bergeraknya KAL Yudistira yang ditumpangi Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin bersama Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, serta rombongan ke Pulau  Untung Jawa pada Senin pagi. 

Sea Reader pasukan elite TNI AL itu akan mengamankan wilayah perairan selama peresmian berlangsung yang selanjutnya, akan mengawal pelaksanaan penanaman mangrove yang akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Pantai Indah Kapuk pada Senin sore nanti.

Dilansir dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Dispenal), pelaksanaan penanaman mangrove dilakukan sebagai salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan ekosistem pantai yang bermanfaat untuk menjaga kelestarian hutan mangrove.

Sehingga mampu menahan abrasi, penghasil oksigen dan melindungi garis pantai serta dengan akarnya yang kuat mampu menjadi penyaring air laut.  

Sementara, peresmian Kampung Bahari Nusantara yang merupakan program dari TNI Angkatan Laut, bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat pesisir dengan membangun klaster bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.

Sebanyak 68 Program Kampung Bahari Nusantara akan diresmikan secara serentak di seluruh Satuan Komando Wilayah TNI AL di tanah air oleh Wapres RI.

Kegiatan tersebut terpusat dari Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena untuk memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan. 

"TNI AL akan selalu siap dalam melaksanakan tugas yang diberikan dengan meningkatkan kesiapan operasional baik alutsista maupun satuan operasi," kata KSAL Laksamana Muhammad Ali.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya