Panglima Koopsudnas Buka Latihan Pertahanan Udara Wilayah Indonesia Timur Libatkan KRI Malahayati

VIVA Militer: Pangkoopsudnas Marsdya TNI M. Tonny Harjono buka Latihan Perkasa D
Sumber :
  • Pen. Koopsudnas

VIVA – Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya (Marsdya) TNI M. Tonny Harjono hari ini membuka Latihan Pertahanan Udara (Hanud) Perkasa D Tahun 2023 di Ruang Yudha Puskodal Mako Koops Udara Nasional, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Latihan Pertahanan Udara kali ini melibatkan sejumlah unsur kekuatan baik itu pertahanan udara dan unsur kapal perang Republik Indonesia (KRI) yang berada di wilayah tugas Komando Sektor (Kosek) III di wilayah Timur Indonesia.

Saat membuka latihan Pertahanan Udara secara daring, Panglima Koopsudnas sekaligus Direktur Latihan Perkasa "D" Marsdya TNI M. Tonny Harjono mengatakan, bahwa latihan Pertahanan Udara Perkasa "D" di wilayah Indonesia Timur ini digelar untuk meningkatkan kemampuan personel dan menguji satuan-satuan Kosek III yang didalamnya tergabung sejumlah unsur kekuatan satuan pertahanan udara, baik yang meliputi kekuatan Skuadron Udara TNI AU, Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud), maupun KRI.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

"Latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan menguji satuan-satuan Kosek III dalam melaksanakan tugas pertahanan udara di wilayah bagian timur NKRI beserta Hanud kewilayahan sehingga tercapai kesiapan operasional," kata Panglima Koopsudnas Mardsya TNI M. Tonny Harjono dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 5 Juni 2023.
 
Lebih jauh, Pangkoopsudnas menjelaskan, melalui latihan ini diharapkan terwujudnya penguasaan dan kemahiran dalam melaksanakan prosedur operasi udara, terjalinnya integrasi/interoperability antar satuan Hanud kewilayahan, teraplikasikannya taktik dan teknik sebagai pedoman dalam tugas pertahanan udara di satuan jajaran Kosek III beserta Hanud kewilayahan serta penanganan pasca force down.

Untuk diketahui, Latihan Perkasa “D” TA 2023 ini melibatkan unsur Skadron Udara (Skadud), diantaranya, Skadud 21 dan Skadud 27, Lanud Manuhua, unsur Satuan Radar (Satrad) jajaran Kosek III. Tidak ketinggalan turut serta unsur pendukung seperti, Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 472, unsur MCC, unsur Posek 3, unsur KRI Malahayati-362, dan unsur Hanud Pasif.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Sejumlah pejabat Komando Operasi Pertahaan Udara Nasional (Koopsudnas) juga turut hadir dalam pembukaan Latihan Perkasa “D” ini, diantaranya Kas Koops Udara Nasional Marsda TNI Jorry S. Koloay, Ir Koops Udara Nasional, Kapok Sahli Koops Udara Nasional, para Asisten, dan pejabat Koops Udara Nasional terkait.

Selain itu, Danlanud Manuhua Marsma TNI Yostariza, Asops Kaskoops Udara III, Dankosek III/Biak, Dansatrad 242 Biak, Dansatrad 243 Timika, Dansatrad 244 Merauke, Dansatrad 245 Saumlaki, dan unsur?unsur Hanud yang terlibat latihan.

PM Israel Benyamin Netanyahu bersama Batalion khusus Netzah Yehuda

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Netzah Yehuda merupakan salah satu empat batalion yang membentuk brigade infanteri Kfir. Batalyon tersebut sebagian besar beroperasi di Tepi Barat yang dikirim berperang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024