Panglima TNI Ajak Kekuatan Militer Negara ASEAN Gelar Latihan Bersama di Laut Natuna

VIVA Militer: Panglima TNI Yudo Margono bersama Panglima Militer se-ASEAN
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono menggagas Latihan Bersama militer yang melibatkan Angkatan Bersenjata Se-ASEAN di Laut Natuna Utara. 

Akhirnya Letkol Danu Resmi Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI Gantikan Raja Aibon Kogila

Gagasan tersebut disampaikan saat Panglima TNI Yudo Margono saat melaksanakan pertemuan bilateral kepada seluruh Panglima Angkatan Bersenjata anggota negara ASEAN atau Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20 yang digelar di Hotel Apurva Kempinski, Bali, Rabu, 7 Juni 2023 kemarin.

"Dalam waktu dekat akan segera direalisasikan adalah rencana latihan bersama gabungan yang akan dilaksanakan di wilayah Laut Natuna Utara dengan nama ASEAN Solidity Exercise in Natuna atau ASEX-01N," kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Puspen TNI, Kamis, 8 Juni 2023.

Viral! Rumah Mewah Mantan Panglima TNI Andika Perkasa Seperti Istana Pangeran Dubai

Panglima TNI Laksamana Yudo lebih jauh menjelaskan, latihan militer bertajuk ASEAN Solidity Exercise in Natuna atau ASEX-01N itu, nantinya latihan gabungan yang akan menitikberatkan pada latihan keamanan maritim, Search and Rescue (SAR), serta akan diadakan pula kegiatan Bakti Sosial di wilayah Natuna.

Dalam pertemuan bilateral Panglima TNI bersama Panglima Angkatan Bersenjata negara anggota ASEAN, Laksamana TNI Yudo Margono kembali menegaskan bahwa Indonesia akan senantiasa mempromosikan kawasan yang aman, damai dan stabil bebas dari segala bentuk ancaman dan gangguan yang mengancam kedaulatan negara.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI juga mengajak seluruh Panglima Angkatan Bersenjata negara-negara ASEAN untuk meningkatkan keamanan maritim di kawasan. Karena menurutnya, laut yang aman akan serta merta meningkatkan perekonomian negara.

Untuk diketahui, pertemuan berskala internasional Chief of Defence Forces Meeting (ACDFM) ke-20 itu dihadiri oleh sepuluh Panglima Angkatan Bersenjata negara-negara ASEAN. Diantaranya, Panglima Angkatan Bersenjata Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Kamboja, Laos, Myanmar, Timor Leste dan Indonesia.

VIVA Militer Letkol Inf Ardiansyah alias Raja Aibon Kogila

Rekam Jejak Luar Biasa Raja Aibon Kogila 821 Hari Jadi Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dari hidupkan kota mati di sarang OPM hingga sejahterakan prajurit.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024