Cope West 2023, Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Serikat Terlibat Duel Udara di Wilayah Udara Riau

VIVA Militer: Pesawat F-16 TNI AU dan Amerika Serikat saling serang di Riau
Sumber :
  • Dispenau

Pekanbaru – Sebanyak 12 pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara dan United States Air Force (USAF) melaksanakan latihan Air Combat Tactic (ACT) di wilayah udara bagian Barat pulau Sumatra, Senin, 19 Juni 2023.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

ACT merupakan latihan pertempuran udara jarak dekat (Dogfight) yang melibatkan lebih dari dua pesawat, yang kali ini diskenariokan empat pesawat melawan sejumlah pesawat atau banyak pesawat (4VX). Empat pesawat merupakan Blue Force yang melaksanakan patroli udara dalam rangka mengamankan area/wilayah ataupun asset dari serangan udara maupun ancaman pihak musuh. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau), keempat pesawat TNI AU itu terdiri dari flight leader, wingman 1, wingman 2, dan elemen leader.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Keempat pesawat terlibat pertempuran udara jarak dekat dengan empat pesawat musuh, yang diskenariokan akan menghancurkan Blue Force dan sasaran area yang diamankan. 

Kedua Angkatan Udara saling bergantian memainkan peran dalam skenario yang diperankan, baik sebagai blue force ataupun pesawat penyerang, termasuk menempati posisi leader, elemen leader atau wingman, saat dogfight berlangsung. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Para penerbang kedua angkatan udara saling beradu taktik, sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman dalam melaksanakan Air Combat Tactic (ACT). Hasil pelaksanaan ACT dibahas pada saat debrief setelah latihan selesai dilaksanakan.

Melalui debrief tersebut, para penerbang kedua pihak dapat mengetahui hasil pelaksanaan latihan, sekaligus saling berbagi pengetahuan tentang taktik dan strategi dogfight yang dilakukan saat Air Combat Tactic.

Latma Cope West 2023 yang akan berlangsung hingga 23 Juni 2023 mendatang, merupakan ajang berlatih para penerbang F-16 kedua Angkatan Udara. Latihan rutin TNI AU dan USAF yang telah berlangsung selama 10 kali tersebut, bertujuan meningkatkan profesionalitas personel Angkatan Udara kedua negara. Selain itu, latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara angkatan bersenjata, khususnya angkatan udara kedua negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya