Menhan Prabowo Borong 12 Unit Drone Tempur ANKA dari Turki

VIVA Militer: Ilustrasi pesawat tanpa awak (drone) tempur
Sumber :
  • IBTimes India

Jakarta – Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pertahanan (Kemenhan RI) berencana membeli drone/pesawat nirawak atau Unmanned Aerial Vehicle (UAV) ANKA dari dari Turki

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Tidak tanggung-tanggung, Menhan Prabowo rencananya akan memborong drone tempur itu sebanyak 12 unit untuk memperkuat pertahanan udara Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Drone tempur buatan Turkish Aerospace itu dibeli Kemenhan dengan nilai kontrak mencapai 300 juta dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 4,53 triliun.

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

“Proses pembelian tersebut ditandai dengan adanya penandatangan kontrak dengan pihak penyedia yaitu Turkish Aerospace pada 3 Februari 2023,” kata Kepala Biro Humas Setjen Kemenhan Brigjen Edwin Adrian Sumantha dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 11 Agustus 2023.

Saat ini, lanjut dia, nilai kontrak masih dalam proses aktivasi di Kementerian Keuangan. Sementara, untuk pengiriman 12 unit drone tempur ANKA tersebut akan dilaksanakan 32 bulan setelah kontrak berlaku efektif.

Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Selain materiil kontrak utama dalam pembelian drone tempur itu, Pemerintah Indonesia mendapat keuntungan lainnya yakni Transfer of Technology (ToT), Integrated Logistic Support (ILS), Ground Support and Test Equipment (GS&TE), Flight Simulator, Infrastruktur Hanggar dan pelatihan serta garanti selama 24 bulan atau 600 jam terbang.

Untuk diketahui, Drone ANKA dapat dilengkapi dengan beberapa jenis senjata. Konfigurasi perangkat dan senjata yang dapat dipasang di dalam drone buatan Turki ini antara lain yakni EO/IR SATCOM+Radio Relay, EO/IR+SATCOM+Laser Guided Smart Bombs and Missiles, EO/IR+SATCOM+SAR/ISAR/GMTI+AIS dan EO/IR+COMINT/DF+ESM/ELINT.

"Pengadaan 4 sistem UAV ANKA yang terdiri dari 12 unit UAV ANKA ini merupakan upaya nyata Menhan Prabowo dalam menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi untuk terus memperkuat sistem pertahanan Indonesia, terutama dengan meningkatkan ragam, kuantitas, dan kualitas alutsista TNI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya