Bunga Rafflesia Raksasa Ditemukan di Magelang

Bunga Rafflesia Arnoldi
Sumber :
  • Antara/ Evia Nugrahani Koos

VIVAnews - Seorang petani di Desa Donorejo, Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang, Jawa Timur menemukan menemukan bunga Rafflesia Arnoldii atau yang dikenal dengan bunga bangkai. Bunga itu ditemukan di kebun milik anaknya.

Kasus Korupsi Timah, Kejagung Periksa Pegawai Kementerian ESDM

Petani ini tanpa sengaja menemukan bunga langka tersebut ketika hendak memanjat pohon kelapa.

Semula petani ini mencium bau busuk yang sebelumnya dikira berasal dari bangkai binatang. Namun setelah dia mencari sumber bau tersebut ternyata adala Bunga Rafflesia Arnoldi.

Aktor Park Sung Hoon Minta Maaf ke Penonton Atas Karakter Jahatnya di Queen Of Tears

Rafflesia adalah jenis (genus) tanaman bunga parasit. Pertama kali diketemukan tahun 1818 pada di hutan hujan di pulau Sumatera, Indonesia, oleh seorang pemandu Indonesia yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold, salah satu anggota tim ekspedisi yang dipimpin Sir Thomas Stamford Raffles. Tanaman bunga ini kemudian dinamakan bunga Rafflesia.

Jenis tanaman bunga ini terdiri dari kira-kira 26 spesies (termasuk 4 spesies yang belum diverifikasi, yang diperkenalkan oleh Meijer pada tahun 1997). Semuanya berada di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Sumatera, Kalimantan dan Filipina.

Tanaman bunga ini tidak memiliki batang, tak berdaun dan tak berakar sejati. Ia tumbuh sebagai parasit pada tanaman merambat Tetrasigma, menghisap unsur anorganik dan organik dari tanaman Tetrasigma. Satu-satunya bagian yang bisa disebut tanaman adalah jaringan yang tumbuh di tanaman merambat Tetrasigma tersebut.

Di Indonesia, spesies Rafflesia yang terkenal adalah spesies Rafflesia Arnoldii yang disebut juga “Patma Raksasa”, jenis bunga “tunggal” (bunga jantan dan bunga betina terpisah) yang terbesar di dunia - paling tidak diukur dari beratnya.

Tumbuhan ini endemik di Pulau Sumatera, terutama bagian Selatan seperti Bengkulu, Jambi dan Sumatera Selatan.

Taman Nasional Kerinci merupakan daerah konservasi utama spesies ini. Satu-satunya yang ada di Jawa adalah spesies “Rafflesia Patma”.

Diameter bunga Rafflesia Arnoldii ini ketika sedang mekar bisa mencapai 1 meter dengan berat sekitar 11 kilogram.

So Sweet! Perjuangan Brandon Salim Berangkat ke Jepang Demi Lamar Kekasih
Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Ketua DPRD Jakarta Prasetyo Edi Marsudi menyoroti persoalan banjir di Jakarta. Padahal, Jakarta punya anggaran untuk mengatasi banjir.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024