Mari Lindungi dan Selamatkan Anak dari Kejahatan Seksual

Kegiatan Ruang Inspirasi Happy Parenting.
Sumber :

VIVA – Tindak pelecehan seksual terhadap anak kian marak belakangan ini. Korban tindak pelecehan seksual tidak lagi hanya anak-anak broken home atau anak jalanan, tetapi juga anak-anak yang berasal dari keluarga utuh dan bersekolah di sekolah elite.

Lakukan Pelecehan Seksual pada Penumpang Angkot, Sopir di Aceh Dihukum Cambuk 154 Kali

Catatan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebutkan, angka korban pelecehan seksual terhadap anak semakin tinggi setiap tahun. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) saat ini mencatat ada 1.000 kasus kekerasan pada anak dalam kurun waktu selama tahun 2016.

Pelaku kejahatan seksual tak memandang lokasi ketika beraksi. Mereka bisa melakukannya di jalanan, di sekolah, bahkan di rumah sendiri. Kejahatan seksual terhadap anak merupakan fenomena gunung es yang saat ini mulai mencair.

Driver Ojol Pelaku Pelecehan Pelajar SMP di Jaktim Ditangkap, Mengaku Sebelumnya Nonton Film Porno

Dari survei kekerasan anak Indonesia hasil kerjasama Kementerian Sosial, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), serta sejumlah lembaga pada 2014 ditemukan prevalensi kejahatan seksual pada kelompok laki-laki dan perempuan usia 18-24 tahun tinggi.

Jenis kejahatan seksual sebelum umur 18 tahun yang dialami anak laki-laki sebesar 6,36 persen dan anak perempuan 6,28 persen. Oleh karena itu, untuk menghindari anak dari kejahatan seksual, baik sebagai pelaku maupun korban, orang tua dituntut lebih peka terhadap kondisi sekitar.

Viral Video Pria Berjaket Ojol Lecehkan Bocah Perempuan, Diduga di Surabaya

Dilatarbelakangi keprihatinan tersebut, Dompet Dhuafa Pendidikan berkolaborasi dengan Komunitas Sekar (Sekolah Keluarga 4 Pilar) menyelenggarakan kegiatan Ruang Inspirasi #HappyParenting dengan mengusung tema Lindungi dan Selamatkan Anak dari Kejahatan Seksual.

Kegiatan #HappyParenting diisi oleh Anggia Chrisanti, S. Psi. Teh Anggia, sapaan akrabnya, merupakan konselor dan terapist DEPTH plus yang tergabung di Biro Konsultasi dan Psikologi WESTRIA. Saat ini, ia menjabat sebagai pimpinan cabang WESTARIA Jakarta dan Bogor, konsultan di Rumah Perlindungan Sosial Anak (Kemensos), serta kontributor kolom psikologi tabloid Bintang Indonesia.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Masjid Al-Insan Dompet Dhuafa Pendidikan, Parung, Bogor pada Senin, 30 Oktober 2017 ini menyedot animo tinggi dari keluarga muda di wilayah Bogor dan sekitarnya. Sebanyak lima puluh tiket yang disediakan panitia langsung habis dalam waktu sehari saja.

Di akhir kegiatan, pemateri mengajak peserta untuk selalu berusaha menjadi orang tua ideal bagi anak. Karena kasus kejahatan seksual terhadap anak bukan hanya kewajiban orang tua, melainkan tanggung jawab bersama.  Pemateri juga turut mengajak peserta menyebarkan informasi seputar kejahatan seksual terhadap anak berikut tata cara pencegahannya.

Kegiatan Ruang Inspirasi #HappyParenting perdana dilakukan di Dompet Dhuafa Pendidikan, dan ke depannya akan rutin dihelat pada pekan terakhir di setiap bulannya. “Ruang Inspirasi #HappyParenting bertujuan memberikan akses edukasi parenting gratis kepada keluarga-keluarga Indonesia,” jelas Zulfa, ketua panitia acara. (Tulisan ini dikirim oleh Hassan Afif)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya