Ribuan Saintis Muda Indonesia Ramaikan Hero of Science

Pesta Sains Nasional 2017
Sumber :

VIVA – Sekretaris Institut, Institut Pertanian Bogor atau SI IPB, Dr. Ibnul Qayim, secara resmi membuka Pesta Sains Nasional atau PSN 2017, pada 18 November 2017 di Graha Widya Wisuda, Kampus IPB Dramaga, Bogor. Kegiatan yang bertema Hero of Science ini merupakan ajang sains tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam atau FMIPA IPB.

Prabowo Ingin Segera Bangun Pabrik Ponsel di RI demi Jaga Kedaulatan Teknologi

PSN yang tahun ini digelar dua hari (18-19/11/2017) ini menjadi wadah bagi para siswa SMA/sederajat sebagai saintis muda dari seluruh Indonesia untuk bertanding dan bereksplorasi tentang sains melalui kompetisi ilmiah. PSN juga menggelar talkshow, dan kegiatan menarik lainnya.

Dr. Ibnul Qayim mengatakan semakin banyak generasi muda Indonesia yang terlibat dalam kegiatan sains akan memberikan kesempatan luas untuk belajar tentang banyak hal mengenai sains dan pendidikan. “Kegiatan Pesta Sains Nasional (PSN) 2017 ini menjadi ajang peningkatan minat dan kecintaan generasi muda Indonesia terpacu untuk berprestasi lebih baik lagi,“ ujarnya.

Al Quran dan Sains Ungkap Gunung Bergerak Seperti Awan, Benarkah?

Dekan FMIPA IPB, Dr. Sri Nurdiati, menyampaikan kompetisi dalam PSN ini mencakup semua departemen yang ada di FMIPA IPB. Yaitu statistika, geofisika dan meteorologi, biologi, kimia, matematika, ilmu komputer, fisika, dan biokimia. Selain kompetisi, terdapat acara yang diperuntukkan bagi para guru pendamping yaitu seminar keguruan.

Kegiatan PSN ini memperebutkan piala bergilir Presiden Republik Indonesia bagi juara umum, piala bergilir Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) RI, piala Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, piala Dekan FMIPA IPB, serta piala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Pada PSN 2017 ini juara umum diraih oleh SMAN 1 Depok, Jawa Barat. (Tulisan ini dikirim oleh Awl, Humas IPB)

Duet Jepang dan India Berburu Air Dekat Kutub Selatan Bulan
Universitas Indonesia

UI Terima 2.105 Calon Mahasiswa Baru Melalui Jalur SNBP 2024

Calon mahasiswa baru UI tersebut dari 893 sekolah.

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024