Aplikasi Waze Jadi Alat Main 'Kucing-kucingan' dengan Polisi

Polisi razia pengendara sepeda motor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA – Aplikasi Waze diakui penggunanya sangat membantu memberikan panduan atau penunjuk jalan serta informasi lalu lintas. Namun tak sedikit pengguna jalan yang memanfaatkan aplikasi ini untuk menghindar dari razia polisi.

2 Perusahaan Asal Israel yang Marak Digunakan Masyarakat Indonesia

Hal itu juga diakui beberapa pengguna aplikasi Waze. Irma, seorang pengguna aplikasi Waze, membenarkan bahwa ia kerap meminta info ke pengguna Waze lainnya terkait jalur yang akan dilaluinya. Termasuk info ada  tidaknya razia polisi.

"Bermanfaat banget (menggunakan Waze), karena bisa nanya orang yang sudah jalan duluan lewat jalur itu," katanya, Jumat 9 Maret 2018.

Exploring Teknologi Buatan Israel yang tanpa Sadar Digunakan di Indonesia & Dunia

Irma juga menjelaskan informasi yang didapat terkait adanya pihak kepolisian termasuk razia didapat dari pengguna Waze lainnya. Namun terkadang, masih menurut Irma, info terkadang tak valid karena ada yang justru menggunakan layanan ini untuk iseng.

"Iya semua orang bisa kasih info, enggak ada polisi juga kalau ada yang iseng ngasih titik ada polisi bisa saja kok," ujarnya.

6 Most Significant Israeli Inventions in Common Use Today

Sebelumnya, layanan social network yang ada dalam aplikasi Waze memang dikeluhkan oleh beberapa petugas kepolisian di Amerika Serikat. Razia mereka kerap bocor karena adanya layanan informasi yang bisa diberikan para pengguna jalan tersebut.

Ilustrasi mudik Lebaran.

5 Aplikasi Teman Mudik Lebaran

Menjelang momen mudik Lebaran yang semakin dekat, para pemudik kini ditemani 5 aplikasi yang mempermudah perjalanan pulang kampung.

img_title
VIVA.co.id
31 Maret 2024