Kaca Film Mengganggu Sinyal Ponsel, Hoax atau Fakta

Kaca Film V-Kool
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dian Tami

VIVA – Kaca film bisa disebut sebagai salah satu aksesori penting yang dipasang di mobil. Sebab, pelapis kaca ini bisa menolak panas yang masuk ke dalam kabin. Sehingga, kabin mobil yang kacanya dilapisi film bisa terasa lebih sejuk.

Cara Menjaga Suhu Kabin Mobil Agar Tidak Panas

Namun, dibalik fungsi penting tersebut, ada beberapa anggapan bahwa memasang kaca film dapat mengganggu sinyal ponsel ketika berada di kabin. 

Business Development Director PT V-Kool Indo Lestari, Lianto Winata mengatakan, pemasangan kaca film sama sekali tidak mempengaruhi sinyal ponsel.

Kaca Film Ini Bisa Melindungi Layar Instrumen Mobil

"Tidak sama sekali mengganggu sinyal ponsel. Mobil bukan kayak kaleng yang tertutup rapat. Sinyal bisa masuk dari mana saja, termasuk celah mobil. Karena, mobil kan ada celah-celahnya," kata Lianto di Jakarta, Senin 2 April 2018.

Ia menjelaskan, kaca film memang memiliki kandungan metal. Namun, proses pembuatannya sudah mengadopsi teknologi canggih.

Mobil Listrik Wuling dan MG Pakai Kaca Film Berstandar ISO

Dia mengatakan, jika kaca film mengurangi penerimaan sinyal ponsel, maka aplikasi peta dan navigasi jelas tidak bisa digunakan saat berkendara.

"Pengalaman saya, enggak pernah terpengaruh oleh kaca film. Saya dari rumah kalau mau ke tujuan suka pakai Google Maps, artinya kan sinyal tetap ada," kata dia.

Ilustrasi memasang kaca film mobil

Tips Memilih Kaca Film Terbaik untuk Mobil Anda

Kaca film merupakan salah satu elemen penting dalam menjaga kenyamanan kabin mobil. Selain meningkatkan privasi, kaca film juga berfungsi untuk menolak panas matahari, me

img_title
VIVA.co.id
9 Februari 2024