Infrastuktur Mobil Listrik masih Pakai BBM, Sama Saja Bohong

Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Perkembangan teknologi saat ini membuat mobil-mobil yang dijual ke konsumen tidak hanya menggunakan mesin konvensional, namun juga mesin berenergi listrik. Baik itu listrik sepenuhnya maupun gabungan dari mesin berbahan bakar dan motor listrik.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

Menurut Wakil Kepala Bidang Penelitian Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, Kiki Verico, untuk menghadirkan mobil listrik di Indonesia masih terkendala infrastruktur, terkait pengadaan sumber daya atau sumber energi listriknya.

"Untuk mobil listrik, pertanyaannya sistem atau infrastrukturnya siap atau enggak. Jadi, tidak boleh hanya  oh sudah masuk era kendaraan listrik, kita harus bikin mobil listrik. Harus punya sumber dayanya juga," kata Kiki dalam diskusi Pengembangan Pasar Domestik dan Meningkatkan Ekspor Kendaraan Bermotor di Jakarta, Kamis 12 April 2018. 

Mobil Listrik Baru BYD Bakal Rilis, Pakai Nama Singa Laut

Bicara soal infrastruktur, kata Kiki, bukan hanya soal tempat mengisi ulang energi baterai mobil atau motor listrik, tetapi dari mana sumber daya listrik itu berasal.

Menurut dia, mobil listrik hadir sebagai kendaraan yang tidak lagi menggunakan bahan bakar minyak. Jadi, lebih baik bila pasokan listrik di infrastukturnya juga diberlakukan hal yang sama.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

"Mobil listrik membutuhkan panel surya. Seperti Tesla, itu dia punya energi dari panel surya. Kalau mobilnya listrik tapi sumbernya menggunakan BBM, juga ya sama saja bohong," kata dia. 

Mobil listrik bZ3C

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Toyota meluncurkan dua mobil listrik terbarunya, yakni Toyota bZ3C dan Toyota bZ3X. Saudara dari mobil listrik bZ4X tersebut diluncurkan pada ajang Beijing Auto Show 2024

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024