Rencana Bikin SIM Pakai Tes Psikologi Ditunda, Sampai Kapan

Ilustrasi SIM.
Sumber :
  • Krisna Wicaksono/VIVA.co.id

VIVA – Rencana untuk memasukkan tes psikologi sebagai salah satu syarat ketika membuat Surat Izin Mengemudi untuk mobil maupun sepeda motor ditunda.

Viral, Wanita Bagikan Tes Sederhana Apakah Kamu Psikopat

Kepala Seksi SIM Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Fahri Siregar mengatakan, penundaan dilakukan karena pihak Kepolisian Wilayah Polda Metro Jaya masih terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan hal tersebut.

"Sementara ini kami masih sosialisasi dan simulasi untuk internal dahulu," kata Fahri melalui pesan singkat kepada VIVA.

Uji Kejelian, Seberapa Cepat Bisa Temukan Angka Genap di Gambar Ini

Lantas, kapan tes psikologi diberlakukan sebagai syarat untuk mendapatkan SIM A maupun C, mengingat pasca libur Lebaran kemarin (21-23 Juni 2018) telah dilakukan simulasi untuk uji psikologi? Fahri mengatakan, pihaknya akan memberikan informasi lebih lanjut jika rencana tersebut diberlakukan.

"Nanti kami informasikan lebih lanjut," kata Fahri.

26 Calon Kepala Daerah di Jatim Dites Rohani

Sebelumnya, tes psikologi disebut bakal menjadi syarat untuk memperoleh SIM A dan C. Rencana tersebut mulanya akan diberlakukan mulai Senin 25 Juni 2018.

Ujian psikologi ini dirancang untuk memastikan bahwa pemohon SIM dalam keadaan sehat rohani atau jiwanya. Jadi bukan hanya sehat secara fisik dan memiliki kemahiran untuk mengemudikan kendaraan di jalan.

Ilustrasi wawancara/interview kerja.

Modus Tes Psikologi, Pelamar Kerja Diperkosa di Apartermen 

SS, pria berusia 25 tahun ini ditangkap pihak kepolisian usai terbukti melakukan tindak rudapaksa atau pemerkosaan terhadap rekannya.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2023