Dilarang Sebar Data Penjualan Mobil, Ini Reaksi Gaikindo

Booth Mazda di GIIAS 2017
Sumber :
  • Mazda

VIVA – Data penjualan kendaraan menjadi tolak ukur perkembangan industri otomotif. Data biasanya diberikan oleh masing-masing produsen secara sukarela.

Daftar Mobil Terfavorit di Indonesia September 2023

Data tersebut kemudian disetorkan ke asosiasi, untuk disebarluaskan ke media. Nantinya, konsumen bisa melihat mana saja produk atau merek terlaris dari berita yang dibuat.

Meski demikian, penyetoran data kepada asosiasi dianggap kurang tepat oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha. Sebab, asosiasi dianggap bukan lembaga negara resmi untuk penyetoran data penjualan maupun jumlah produksi kendaraan.

Terpopuler Otomotif: Komparasi Stargazer X vs Xpander Cross, Penjualan Mobil Turun

Menanggapi hal tersebut, Ketua I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Jongkie Sugiarto mengatakan, pihaknya akan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah terkait hal pengumpulan data.

"Kami , Gaikindo akan ikut pada aturan pemerintah yang resmi," kata Jongkie saat dihubungi VIVA, Rabu 18 Juli 2018.

Penjualan Mobil di Indonesia Turun, Ini Merek yang Paling Laku

Lantas, adakah rencana Gaikindo untuk menemui KPPU guna membahas soal penyampaian data tersebut? Secara singkat Jongkie mengatakan, Gaikindo sedang berencana melakukan pertemuan.

"Nanti kami akan coba bertemu dengan KPPU," kata dia.

Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024