Lama Tak Laporkan Harta Kekayaan, Ini Deretan Mobil Ma'ruf Amin

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma'ruf Amin.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

VIVA – Bakal calon presiden Joko Widodo memilih Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden. Ma’ruf Amin akan mendampingi Jokowi di Pemilihan Presiden 2019 melawan rivalnya Prabowo Subianto yang menunjuk Sandiaga Uno sebagai wakilnya. 

Setahun Jadi Wali Kota Harta Naik Rp4 Miliar, Ini Penjelasan Gibran

Sosok Presiden Jokowi, Prabowo dan Sandiaga Uno mungkin sudah sering diulas. Termasuk soal kekayaan dan koleksi kendaraan mereka. Namun, untuk sosok Ma’ruf Amin tentu masih terbilang jarang diulas. Nah, sebenarnya seberapa kaya kah sosok Ma’ruf Amin?

Ya, pasangan Prabowo-Sandiaga memang telah tuntas melaporkah LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf, hanya Ketua MUI yang belum terverifikasi secara lengkap atau artinya masih dalam tahap proses di lembaga antirasuah itu. 

KPK: Tak Mau Lapor Harta Kekayaan, Berhenti Jadi Pejabat

Dalam situs https://acch.kpk.go.id, tercatat total harta kekayaan Ma'ruf Amin sebesar lebih dari Rp427 juta, tapi itu berdasarkan data tahun 2001 alias 17 tahun silam. Sayangnya belum jelas berapa kekayaan Ma’ruf Amin saat ini.

Dalam data LHKPN KPK tahun 2001 tersebut, mantan Rais 'Aam Syuriah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama itu melaporkan saat menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Harta Nurul Ghufron Naik Sejak Jadi Pimpinan KPK, Ini Rinciannya

Tercatat, harta tidak bergerak mencapai Rp231 juta dan harta bergerak mencapai Rp290 juta. Dari harta bergerak itu, diketahui ia memiliki sejumlah kendaraan bermotor. Mobil yang dimiliki Ma'ruf saat itu yakni Toyota Corolla lansiran 2000 senilai Rp200 juta dan Isuzu Panther buatan tahun 1997 seharga Rp90 juta. 

Sebelumnya harta kekayaannya mencapai Rp571 juta akan tetapi ia memiliki hutang lebih dari Rp143 juta. sehinga seluruh harta kekayaan yang dimiliki saat itu sebesar Rp427 juta. Namun tentu data ini sudah terlalu usang untuk menggambarkan kekayaan Ma’ruf Amin. Hingga saat ini KPK juga masih menunggu laporan yang bersangkutan.

Gerbang tol Cikampek Utama. (Foto ilustrasi)

Libur Nataru, Ngebut di Jalan Tol ini Siap-siap Ditilang

Di jalan tol ini, terdapat dua jenis pelanggaran yang akan dipantau, yakni pelanggaran batas kecepatan dan pelanggaran kelebihan muatan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2022