Biaya Touring Jakarta-London Bisa Seharga Xpander

Stephen Langitan saat berada di KBRI Athena.
Sumber :
  • KBRI Athena

VIVA – Solo rider Stephen Langitan akhirnya tiba di Indonesia setelah menyelesaikan touring dari Jakarta-London. Menempuh jarak 27 ribu kilometer serta melintasi 22 negara, penulis dan blogger tersebut menghabiskan waktu 145 hari atau sekitar lima bulan. 

Cara Mudah Beli Apparel Premium di Bandung dengan Harga Miring

Lamanya perjalanan, tak dipungkiri banyak pertanyaan perihal biaya yang dihabiskan Stephen untuk melakukan perjalanan menjelajah puluhan dunia itu seorang diri.

Rupanya, kocek yang dikeluarkannya terbilang cukup fantastis.  Yakni bisa membeli satu Mitsubishi Xpander yang dijual dengan harga mulai Rp199,1 juta hingga Rp255,4 juta.

Cara Mudah Dapatkan Diskon Aksesori dan Apparel Premium

"Jika ditotal perjalanan ini menghabiskan biaya setara dengan motor W800 atau sekitar Rp250 juta," kata Stephen di Jakarta, Jumat 24 Agustus 2018. 

Meski terlihat dana yang dihabiskan cukup banyak, namun tetap saja ia perlu cermat memilih penginapan yang akan disinggahi. Agar dana yang dimiliki bisa terpenuhi dengan baik. 

Segini Harga Interkom Branded Termurah di Pameran IIMS 2024

"Sebenarnya saya bawa tenda, tapi karena keamanan saya usahakan untuk menginap di hotel, tapi saya cari yang terjangkau. Makan-minum dan penginapan, saya usahakan dapat terpenuhi ketika di Kedutaan Besar RI," ujarnya.

Stephen mengaku, karena hal tersebut dirinya harus berkendara hingga 600 kilometer per hari untuk dapat tiba di Kedubes RI yang ada di setiap negara tujuan.

Untuk motor, Stephen menggunakan Kawasaki Versys-X 250 Tourer. Dengan tunggangan itu, ia mengklaim dapat lebih berhemat dari sisi bahan bakar.

"Untuk kendaraan, kebutuhan bensin sangat irit. Oli, kampas rem dan komponen fast moving lainnya juga sangat awet," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya