Data Penjualan Kendaraan Jadi Tertutup, Ini Jawaban KPPU

Pameran sepeda motor IMOS 2016.
Sumber :
  • API Event

VIVA – Data penjualan kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor, menjadi salah satu tolak ukur pergerakan industri otomotif Tanah Air. Dengan demikian, publik bisa mengetahui jumlah penjualan kendaraan setiap bulan maupun dalam satu tahun. 

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Namun disikapi berbeda oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha atau KPPU. Lembaga ini meminta data penjualan tidak disebar melalui asosiasi kendaraan bermotor. 

Tak heran, langkah tersebut membuat Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia atau AISI cukup ketat membagikan data penjualan. Bahkan saat ini, keterbukaan itu seolah pudar lantaran mereka hanya memberikan informasi berbentuk persentase produsen roda dua. 

Salah Sasaran! 5 Turis Dibunuh Kartel Narkorba dengan Sadis

Menanggapi hal tersebut, Ketua KPPU Kurnia Toha menjelaskan data penjualan bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya kartel. 

"Secara prinsip pengumpulan data tidak dilarang. Namun sebaiknya tidak dilakukan karena sering kali menjadi fasilitas untuk terjadinya kartel, baik kartel harga, kartel produksi, maupun pembagian wilayah," kata dia kepada VIVA di Jakarta, Jumat 19 Oktober 2018.

Masih Mencekam, Polisi Ekuador Tangkap 68 Anggota Geng Narkoba yang Ingin Ambil Alih RS

Meski demikian, Toha mengatakan pengumpulan data penjualan bisa saja dilakukan apabila diminta secara resmi oleh pemerintah. Akan tetapi, data yang didapat sebaiknya dijaga dengan baik untuk menghindari terjadinya kartel.

"Kalau pengumpulan data itu atas ketentuan pemerintah, maka perlu dijaga jangan sampai data tersebut digunakan untuk kartel," ujarnya.

Honda Mobilio di GIIAS 2019

Penjualan Honda Naik 19 Persen, Mobilio Masih Laku Segini Walau Tak Ada Penyegaran

HPM mencatat penjualan retail sebanyak 10.706 unit pada bulan Maret 2024. Ternyata, Honda Mobilio masih ada peminatnya walau tak ada penyegaran pada mobil itu sejak 2019.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024