Toyota-Astra Motor Bantu Pemulihan Palu

Seorang ibu bersama anaknya menyaksikan sisa-sisa reruntuhan rumahnya yang akan diratakan dengan tanah di area bekas likuifaksi di Kelurahan Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Basri Marzuki

VIVA – Tak hanya dengan sigap menyalurkan bantuan tanggap darurat di hari-hari pertama pasca bencana gempa dan tsunami 28 September di Sulawesi Tengah, Toyota-Astra Motor (TAM) segera menyiapkan bantuan untuk pemulihan bagi masyarakat Kota Palu dan sekitarnya. Melalui bantuan tanggap darurat, TAM yang sebelumnya bekerjasama dengan dealer di Kota Palu telah membangun tenda besar di halaman dua dealer Toyota guna menampung pengungsi dan sekaligus menyalurkan kebutuhan makanan, air bersih dan tenaga dokter dan perawat untuk mereka, kini pun telah mulai masuk ke program pemulihan pasca bencana.  

Kebut Pembangunan Pasca Gempa-Tsunami di Sulteng, Lebih 5 Ribu Huntap Disiapkan

"Keluarga besar Toyota sangat berduka atas musibah gempa dan tsunami ini,” kata Vice President Director TAM Henry Tanoto.

Sebagai wujud empati, TAM telah melakukan tiga kali pengiriman bantuan tanggap darurat berupa makanan, seperti mie instant, susu, air bersih, kebutuhan untuk tidur seperti tenda dan juga selimut yang kesemuanya bahkan sudah tersalurkan di tanggal 10 Oktober lalu. Bantuan dipusatkan di area pengungsian yang dibangun di halaman dealer Toyota. Begitu juga puluhan tenaga medis yang ditempatkan dan disiagakan di areal ini.

Kian Menawan, Ini Tampilan Eksterior dan Interior New Kijang Innova

Selain itu, TAM juga memberikan bantuan perbaikan kendaraan untuk menjaga kelancaran mobilitas pengiriman bantuan ke berbagai lokasi pengungsian maupun masyarakat pada umumnya. Bekerjasama dengan dealer, TAM mengerahkan tenaga-tenaga terampil untuk membantu masyarakat  yang membutukan layanan perbaikan.  

"Sebagai pelaku industri otomotif, kami berkewajiban untuk memastikan kendaraan-kendaraan khususnya milik  pengguna Toyota agar dapat digunakan secara optimal membantu proses evakuasi. Saat ini dealer sudah mulai beroperasi. Meski masih terbatas, diharapkan akan membantu proses tersebut,” kata Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Begini Jadinya Jika Pemula Nyetir Mobil Sport Toyota

Dana yang telah disiapkan untuk bantuan logistik mencapai Rp 2,7 miliar. Selain bantuan TAM ini, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) dan sejumlah perusahaan yang masuk dalam rantai pasok Toyota di dalam negeri juga telah menyiapkan dana bantuan. 

Secara keseluruhan, dana yang sudah berhasil digalang oleh Group Toyota Indonesia sudah mencapai Rp6,5 miliar. Selain disalurkan langsung seperti yang dilakukan TAM,  dana bantuan tersebut juga disalurkan melalui lembaga-lembaga seperti PMI.  

Sementara itu, Toyota Motor Corporation (TMC) pun melalui organisasi palang merah Jepang turut mendonasikan 10 juta yen atau sekitar Rp1,3 miliar untuk korban gempa yang terjadi di Sulteng.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya