Bukan Hanya Stres, Menyetir Juga Bikin Badan Gemuk

Ilustrasi mengemudi.
Sumber :
  • Pixabay/Foundry

VIVA –Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Leicester, Inggris, menemukan fakta unik. Seorang peneliti bernama Kishan Bakrania mengatakan, pengemudi yang menghabiskan waktu berjam-jam berisiko mengalami penurunan kecerdasan.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Penelitian yang ia lakukan membuahkan fakta, 93 ribu orang yang awalnya memiliki tingkat kecerdasan di bawah rata-rata mengalami penurunan ingatan. Alasannya, berkendara membuat mereka mudah stres dan lelah.

Namun ternyata, ada sebuah penelitian lain yang tidak kalah mengagetkan hasilnya. Dilansir dari Sydney Morning Herald, Senin, 26 November 2018, mengemudi terlalu lama juga bisa membuat berat badan naik.

7 Manfaat Mengurangi Konsumsi Gula untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Obesitas

Professor Takemi Sugiyama dari Australian Catholic University Institute of Health and Ageing melakukan riset pada 2.800 warga Australia berusia 34-65 tahun, yang sehari-hari menggunakan kendaraan pribadi untuk kegiatan mereka.

Kegemukan.

85 Persen Ibu Pilih Beri Susu Formula Ketimbang ASI, Ahli Ungkap Dampaknya

Hasilnya, mereka yang mengemudi lebih dari satu jam per hari mengalami kenaikan berat badan 2-3 kilogram, dibandingkan dengan orang yang menyetir hanya 15 menit setiap harinya. Tak hanya itu, lingkar pinggang mereka juga bertambah 1,5 sentimeter.

Sugiyama menjelaskan, belum rapinya sistem transportasi massal di pinggiran kota membuat mereka yang tinggal di kawasan tersebut rentan mengalami obesitas.

Jika menggunakan transportasi umum, meski warga duduk di bangku yang tersedia, namun ada kegiatan berjalan kaki yang bisa membakar kalori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya