Mobil Esemka Ini Siap Diproduksi Massal

Sejumlah mobil pickup terparkir di halaman pabrik mobil Esemka di Sambi, Boyolal
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA – Mobil yang digadang-gadang sebagai mobil nasional, Esemka belum lama ini menjadi perbincangan publik di Tanah Air. Kendaraan tersebut telah mengangkat nama Presiden Joko Widodo saat menjadi Wali Kota Solo. 

Mobil Pikap Sarat Muatan Terguling di Pamekasan, Belasan Orang Terkapar di Jalan

Kini, mobil tersebut dikabarkan sedang bersiap melakukan debutnya di Tanah Air. Esemka pun disebut sudah melakukan serangkain uji tipe di Kementerian Perhubungan. 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi mengatakan, setidaknya sebanyak 11 mobil Esemka saat ini telah lolos uji tipe dan siap diproduksi massal.

Viral Mobil Pikap Angkut Boks Diduga Berisi Mayat dari Kampus UNPRI, Polisi Merespons

"Rencana yang mau produksi massal itu yang pikap dulu, kan mereka ada beberapa tipe dan itu sudah lolos uji tipe," kata dia di Jakarta, 29 November di Jakarta. 

Meski tidak mengetahui secara pasti perihal waktu produksi dan pemasarannya, kendaraan yang telah lolos uji lewat instansinya tersebut siap mengaspal.

Intip Kecanggihan All-new Mitsubishi Triton di Japan Mobility Show 2023

"Kalau lebih rinci mengenai hal itu, silakan tanya pihak terkait. Karena Kementrian Perhubungan sudah melakukan tugas untuk uji tipe, setelah lolos dan bisa diproduksi itu dikembalikan ke pihak terkait," ujarnya.

Sebelumnya, ada sejumlah mobil Esemka yang sudah melewati proses pengujian di Kementerian Perhubungan. Mobil-mobil tersebut adalah Garuda I 2.0 4x4 MT; Bima 1.3L 4x2 MT; Bima 1.0 4x2 MT; Bima 1.8D 4x2 MT; Bima 1.3 4x2 MT; Niaga 1.0 4x2 MT; Borneo 2.7D 4x2 MT; Digdaya 2.0 4x2 MT.   

Ford Ranger Raptor milik Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

Jangan Kaget dengan Spesifikasi Mobil Gagah AHY Seharga Rp1,1 Miliar

Tak seperti Menteri lainnya, Menteri Agraria dan Tata Ruang Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memilih mobil pikap double cabin jadi mobil dinasnya. Ford Ranger Raptor 2.0L.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024