Pertamina Punya Bisnis Baru, Jualan Energi Listrik

Stasiun pengisian listrik di SPBU Pertamina Kuningan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Dian Tami

VIVA – Guna mendukung program langit biru yang dicanangkan pemerintah, PT Pertamina Persero meluncurkan proyek Green Energy Station. Proyek ini sebagai sarana pengisian daya untuk kendaraan listrik, yang akan menjadi kendaraan di masa depan. 

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

GES menjadi upaya Pertamina untuk menjawab tantangan perkembangan industri energi, sekaligus mendukung pemanfaatan energi baru terbarukan yang digenjot oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

"Bauran energi telah menjadi komitmen pelaku energi di dalam negeri. Peresmian pilot project GES ini, menandai masuknya era kendaraan listrik yang akan berkembang," kata Menteri ESDM, Ignasius Jonan saat peluncuran GES di Kuningan, Jakarta, Senin 10 Desember 2018.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati menambahkan, beralihnya dunia otomotif global dari mesin cetus bakar ke kendaraan listrik dan hibrida, diprediksi akan mengubah bisnis mereka. Dari tadinya pengisian BBM, menjadi pengisian daya listrik.

Nicke menjelaskan, bisnis pengisian baterai tersebut merupakan bagian yang terintegrasi dari bisnis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum Pertamina di masa depan.

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

"GES memiliki tiga konsep. Konsep Green yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di area SPBU, Konsep Future yang memiliki pengisian mobil listrik dan Konsep Digital, yaitu menjadikan pembayaran di SPBU tanpa uang tunai,” ujarnya. (kwo)

Google Maps di Android Auto

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Google menyiapkan fitur baru pada aplikasi Google Maps untuk para pemilik mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024