Jakarta Selatan Bakal 'Ramah' untuk Mobil Listrik

Stasiun pengisian untuk mobil listrik di SPBU Kuningan, Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Setelah resmi meluncurkan Green Energy Station sebagai sarana pengisian daya untuk kendaraan listrik, PT Pertamina Persero mengaku akan membangun stasiun pengisian listrik umum di kawasan Jakarta Selatan.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Direktur Utama PT Pertamina Ritel, Sofyan Yusuf mengatakan, pada 2019 pihaknya siap membangun SPLU khusus kendaraan listrik.

"Tahun depan, kami buka khusus stasiun untuk electric vehicle di daerah Pakubuwono. Jadi, SPLU ini nanti untuk mengisi daya energi kendaraan listrik," ujarnya di Jakarta, Rabu 12 Desember 2018.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Selain itu, Sofyan juga menjelaskan, tahun depan akan ada tambahan SPBU yang telah dilengkapi dengan stasiun pengisian energi listrik dan penukaran baterai untuk motor listrik.

Panel tenga surya.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

Saat disinggung wilayah mana saja yang akan mendapatkan penerapan Green Energy Station, serta berapa dana yang dikucurkan, Ia belum bisa menyebutkan secara detail.

"Awal tahun depan pembangunannya. Sebulan lagi sudah tahun depan kan. Kalau investasi, saya belum bisa sampaikan," ujarnya.

Terkait daya listrik yang akan digunakan, Pertamina mengaku akan bersinergi dengan PLN. Meski memiliki  Pembangkit Listrik Tenaga Surya atau PLTS, faktor cuaca mengharuskan adanya sumber listrik dari tempat lain.

"Tidak berkompetisi dengan PLN, justru malah bersinergi. Sebagian daya energi yang kami gunakan juga masih dari PLN. Meski memiliki PLTS, tapi kami tetap tidak bisa mengandalkan semuanya dari sana. Contoh, panel surya itu kan butuh sinar matahari. Bila cuaca mendung atau musim hujan seperti ini, otomatis asupan berkurang," tuturnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya