Volvo dan Mercy Pamer Bus Baru di Busworld 2019

Bus Mercedes-Benz OF 917 baru
Sumber :
  • VIVA/Septian Farhan

VIVA – Dunia otomotif tidak terbatas pada kendaraan untuk penggunaan pribadi, seperti mobil penumpang dan sepeda motor. Kendaraan berukuran besar seperti bus, juga menarik untuk disimak.

5 Mobil Ini harus Ganti Nama Usai Peluncuran Resmi

Seperti yang dipamerkan di Busworld 2019, yang berlokasi di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 20-22 Maret 2019. Beberapa produsen ternama memeriahkan acara, dengan memboyong produk baru mereka.

Salah satunya Volvo, merek otomotif asal Swedia. Mereka memamerkan B11R 420, yang merupakan pengembangan dari seri B11R 370. Sesuai kode angka di belakang, kini tenaga sasis bus tersebut meningkat menjadi 420 daya kuda dan torsi 1.970 Newton meter.

Volvo Hadirkan Pusat Servis Canggih di Jantung Kota Jakarta

Bus tingkat dengan transmisi otomatis 12 percepatan ini tampak futuristis, dengan pencahayaan serba ungu di dalam kabin. Tersedia 44 kursi, dengan dua jenis kursi premium di dekat kabin kemudi, yang bisa diubah menjadi kasur untuk merebahkan tubuh.

Interior lantai dua bus Volvo B11R 420

Toyota Alphard Dapat Saingan Baru, Mewah dan Super Canggih

“harga perdana, per sasis Rp1,7 miliar. Proses pembelian kurang lebih tiga bulan. Nantinya, akan ada bonus berupa pembebasan biaya servis selama setahun," ujar Presiden Direktur PT Indo Traktor Utama, Bambang Prijono di lokasi, Kamis 21 Maret 2019.

Tak mau kalah, PT Daimler Commercial Vehicles Indonesia sebagai agen pemegang merek niaga Mercedes-Benz di Indonesia, juga meluncurkan sasis bus OF 917 generasi terbaru.

Menyasar sektor pariwisata, generasi terbaru dari OF 917 masih mempertahankan tampilan lama. Seperti, bodi yang lebar, full airbrake, posisi mengemudi yang ergonomis, serta dua pilihan bangku bagi penumpang.

Selain itu, penyempurnaan juga dilakukan pada bagian mesin, gardan, transmisi, dan suspensi, sehingga pengoperasian bus lebih aman dan nyaman. Dapur pacunya mengandalkan mesin yang dapat menghasilkan 170 daya kuda dan torsi 520 Nm, dengan transmisi model manual enam percepatan.

Disinggung soal harga, Head of Bus Daimler Commercial Vehicle Indonesia, Adri Budiman, belum mau membuka angkanya ke publik. "Kami masih merahasiakan dulu. Kalau mau tahu, langsung tanyakan saja ke diler penjual," ungkapnya. (dhi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya