Pabrik Mobil Bikin Oli Sendiri, Begini Nasib Produsen Pelumas

Ilustrasi mengganti oli mesin mobil
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Salah satu hal wajib yang harus dilakukan pemilik kendaraan, adalah melakukan perawatan berkala. Jika mobil atau motor yang dimiliki kondisinya baru, maka mereka bisa membawanya ke bengkel resmi.

Mantan Bos Gojek Bikin Motor Listrik, Ini Bocoran Wujudnya

Selain komponen dibersihkan dan diganti, mekanik bengkel resmi juga akan menguras pelumas mesin dan mengisinya dengan yang baru.

Uniknya, saat ini banyak produsen kendaraan yang memiliki pelumas sendiri. Dan biasanya, kendaraan yang diservis di bengkel mereka akan diisi oleh pelumas berlabel produk yang sama.

Waspada, Ini Tanda-tanda Ban Mobil Mau Pecah!

Hal itu menimbulkan pertanyaan, bagaimana nasib para produsen pelumas yang selama ini menjual produk bukan di bengkel resmi?

Manajer Pengembangan Bisnis PT Timur Raya Karya Mandiri sebagai produsen pelumas merek Deltalube, Natalyus Purnomoadi mengaku, hal itu bukan menjadi persoalan bagi mereka.

Vespa 140th of Piaggio: Edisi Terbatas Merayakan 140 Tahun

“Pengaruh ke penjualan sih ada, sedikit. Tapi, konsumen kan saat ini lebih pandai. Kalau mereka merasa produk lain yang mereka pakai memuaskan, pasti enggak akan beli di bengkel resmi,” ujarnya di Bogor, Jawa Barat, Selasa 23 April 2019.

Natalyus mengatakan, pasar pelumas di Indonesia masih sangat luas, dan industri yang ada saat ini belum bisa memenuhinya.

“Pasarnya gede, ini yang bikin kami percaya diri. Yang penting, kualitas terus kami tingkatkan, dan distribusi terus kami tambah,” tuturnya. (kwo)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya