Terios 7 Wonders Borneo, Mengunjungi 'Si Genius'

Terios 7 Wonders Borneo
Sumber :
  • VIVA/Yunisa Herawati

VIVA – Tim Terios 7 Wonders pernah berpetualang di Kalimantan, yakni pada 2015. Kala itu, rute yang dipilih adalah mulai dari wilayah Selatan, menuju Timur.

Brunei Propose High-speed Train Line to Indonesia

Empat tahun kemudian, rombongan kembali ke Borneo. Kali ini, sisi Barat yang dijelajahi. Perjalanan dimulai di Kota Pontianak, Jumat 21 Juni 2019, dengan menggunakan tujuh unit All New Daihatsu Terios.

Setelah mengunjungi Tugu Khatulistiwa dan rumah adat suku Dayak, tim meneruskan perjalanan ke arah Utara. Titik yang dituju adalah Entikong, Sanggau. Di tempat tersebut, perwakilan dari jurnalis diajak melintasi pos perbatasan, menuju Kuching, Sarawak, Malaysia, untuk beristirahat.

WNI di Malaysia Sudah Mulai Pemungutan Suara Pemilu 2024

Esok paginya, acara dilanjutkan menuju Taman Nasional Bako. Kawasan ini merupakan taman nasional tertua di wilayah Sarawak, dan berisi ratusan jenis flora serta puluhan satwa yang dilindungi.

Terios 7 Wonders Borneo

Ma'ruf Amin: Jokowi dan Anwar Ibrahim Sama-sama Kencang untuk Bela Palestina

Kondisi perjalanan menuju taman nasional cukup menantang. Selain tanjakan dan turunan, banyak ditemukan kelokan. Lahir sebagai sport utility vehicle, membuat All New Terios tidak mengalami masalah untuk menaklukkan medan tersebut.

Satu fitur yang cukup membantu saat di tanjakan, adalah Hill Start Assist. Dengan fitur ini, pengemudi tidak perlu khawatir mobil akan bergerak mundur, saat kaki kanan berpindah dari pedal rem ke pedal gas, saat mobil dalam posisi berhenti.

Puas bermain air, tim bergerak menuju Semenggoh Nature Reserve. Tempat ini menjadi rumah bagi satwa yang nyaris punah, yakni tiga orang utan.

Satu kelebihan yang dimiliki hewan primata itu, yakni mereka memakai otak dan alat untuk membantu hidup mereka menjadi lebih nyaman. Contohnya, mereka bisa membuat anyaman dari akar dan pohon untuk tidur di malam hari. (ren)

Orang utan di Semenggoh Nature Reserve

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya