AMMDes Belum Juga Muncul, Ini Penyebabnya

Kendaraan AMMDes
Sumber :
  • VIVA/Pius Mali

VIVA – Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan atau AMMDes, sudah resmi diluncurkan di pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Saat itu, Presiden Joko Widodo yang langsung membuka selubung alat angkut ragam fungsi tersebut.

Modifikasi yang Satu Ini Bukan Cuma Gaya, tapi Ada Manfaatnya

Meski demikian, hingga kini kendaraan yang dirancang untuk menggantikan grandong itu belum terlihat dipakai oleh para petani di desa-desa.

Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor, Rio Sanggau mengatakan, AMMDes telah dibuat dalam berbagai purwarupa, dan sudah mulai masuk produksi.

'Kendaraan Pak Tani' Buatan Indonesia Dikirim ke Afrika

"April itu kan kami buat prototipe. Produksi baru mulai bulan Juni, dan itu prosesnya memang enggak cepat," kata Rio di Jakarta, Selasa 25 Juni 2019. 

Rencananya, AMMDes akan dijual untuk pasar komersial. Meski demikian, kata Rio, saat ini pihaknya fokus untuk memenuhi permintaan AMMDes dari pemerintah, yang nantinya akan dipakai di berbagai desa.

Warga Desa Tahu Virus Corona Berkat Mobil Ini

"Ini yang sedang kami rumuskan, karena memang di Indonesia itu ada puluhan ribu desa. Tidak mudah untuk bisa memilah-milah kebutuhannya. Mungkin, kami lihat satu sampai dua bulan ke depan untuk finalisasi," tuturnya.

Sebagai informasi, AMMDes memungkinkan pemilik untuk mengubah fungsi dari kendaraan, menjadi alat bantu pertanian. Penggeraknya bisa digunakan untuk membuat es pendingin ikan, atau mesin penggiling gabah. (yns)

Presiden Joko Widodo meninjau Stan AMMDES di GIIAS 2018

Kendaraan Penanganan Bencana Buatan RI Bakal Mendunia

Indonesia memiliki kendaraan buatan dalam negeri, yang bisa digunakan untuk membantu penanganan bencana.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2022