Terungkap, Kenapa Bahan Bakar Shell Lebih Mahal dari Pertamina

SPBU Shell di Jakarta
Sumber :
  • VIVA/Jeffry Yanto

VIVA – Jika Anda perhatikan, penjual bahan bakar minyak di Indonesia tidak hanya dimonopoli oleh Pertamina. Ada beberapa perusahaan swasta, yang juga menawarkan produk bensin dan diesel. Salah satunya, Shell.

Ada yang Berubah dari Pertalite di Papan Harga SPBU

Menurut pantauan VIVA, bahan bakar Pertamina untuk RON 90 atau Pertalite saat ini dijual Rp7.650 per liter. Sedangkan, Shell Regular yang juga memiliki RON 90, harganya mencapai Rp9.900.

Untuk RON 92, perusahaan milik negara memiliki Pertamax yang dibanderol Rp9.850 per liter. Sementara, Shell Super dengan kandungan RON yang sama, harga jualnya Rp10.450.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Fuel Marketing Manager Shell Indonesia, Ratna Anggraini mengatakan, pada dasarnya, strategi harga mereka telah mengikuti fluktuasi minyak dunia. Jadi, kalau harga minyak dunia turun, pasti ikut turun.

SPBU Shell

Bakal Stop Beroperasi di Medan, SPBU Shell: Terima Kasih Buat Semua Pelanggan Setia Kami

“Itu yang tercermin dari perubahan dan posisi harga kami. Shell Regular, V-Power dan Super, harga yang tertera di SPBU sudah merefleksikan harga minyak dunia,” ujarnya di Jakarta, Jumat 28 Juni 2019.

Ratna menjelaskan, faktor lain untuk penetapan harga, yakni terhitung dari proses distribusinya. Sebab, sebelum masuk ke Indonesia, bahan bakar tersebut diambil dari negara tetangga.

“Ongkos distribusi menjadi salah satu pertimbangan. Namun, ada beberapa hal lainnya. Awalnya, mengambil dari kilang utama di Singapura. Kemudian, dibawa pakai kapal ke terminal kami di Tanjung Priok, lalu didistribusikan ke SPBU,” tuturnya. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya