Mobil Menteri Toyota, Kenapa Kendaraan Dinas Jokowi Mercy S600 Guard?

Mobil Presiden Mercedes-Benz S600 Pullman Guard
Sumber :
  • Youtube Sekretariat Presiden

VIVA – Pemerintah tengah mengadakan lelang mobil dinas presiden dan sejumlah menteri pembantunya. Sebagai pemenang tender untuk pengadaan mobil menteri PT Astra International - Toyota Sales Operation. Perusahaan ini dikenal dengan merek dagang Auto2000. 

Mobil Kepresidenan Indonesia akan Keluar Garasi

Dana yang dikucurkan untuk mobil menteri saja, sesuai yang tercantum dalam daftar Layanan Pengadaan Secara Elektronik di Kementerian Keuangan, Rp147 miliar. Belum jelas untuk berapa mobil anggaran ini.

Nah, untuk mobil presiden, Kementerian Sekretariat Negara menyiapkan Mercedes-Benz S600 Guard. Tak berubah dari model yang saat ini dipakai.

Adu Spek Mobil Mercy Presiden dan Limusin Mewah Jokowi di China

Selama ini memang mobil dinas presiden tidak pernah menggunakan merek Jepang. Kebanyakan Eropa. Kenapa begitu? Apakah pabrikan mobil Jepang tak bisa bikin kendaraan presiden?

Direktrur Marketing Toyota-Astra Motor Anton Jimmi Suwandy hanya tersenyum saat ngobrol soal ini. Dia bilang, Toyota bukan tidak bisa bikin mobil sehebat itu. Tapi lebih pada regulasi.

Jokowi Naik Mobil Mewah Seharga Rp11 Miliar di China, Intip Speknya

Pemerintah Jepang mengklasifikasi mobil antipeluru yang biasa dipakai presiden sebagai kendaraan perang. Makanya, tidak sembarang mengizinkan pabrikan membangun mobil guard.

"Ini lebih pada regulasi saja," katanya di sela uji sederet mobil listrik di Bali, Jumat 11 Oktober 2019.

Di Jepang, katanya, mobil-mobil antipeluru hanya dibuat oleh pabrikan peralatan militer. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya