Di Jepang, Suzuki 'Jualan' Mobil dan Sepeda Motor di Stasiun Lho

Suzuki pajang mobilnya di stasiun Hamamatsu
Sumber :
  • Viva.co.id/Pius Mali

VIVA – Memajang mobil baru, bukan hanya bisa dilakukan di diler resmi, tetapi juga di tempat umum. Untuk memperkenalkan produknya, kendaraan baru dipamerkan di pusat perbelanjaan atau bahkan di stasiun pengisian bahan bakar umum atau SPBU. 

Harga Suzuki Jimny 5 Pintu Ternyata Mengalami Kenaikan, Cek Harga Terkini

Harapannya, masyarakat bisa melihat lebih dekat produk kendaraan baru tersebut, serta mengetahui informasi lebih detail tentang spesifikasi mobil baru yang ditawarkan. Sebab, ada saja orang yang merasa sungkan untuk berkunjung ke ruang pamer (showroom) dari merek otomotif.

Memperkenalkan produk di luar showroom juga dilakukan oleh produsen otomotif Suzuki di Jepang. Hal tersebut VIVA.co.id ketahui saat berkunjung ke kota Hamamatsu, dalam rangkaian acara Suzuki Indonesia Media Tour Tokyo Motor Show 2019 beberapa waktu lalu. 

Suzuki Jimny 5 Pintu Mulai Dikirim ke Konsumen

Di salah satu sudut akses masuk dan keluar stasiun Hamamatsu, merek otomotif berlogo huruf 'S' itu mencuri perhatian dengan memajang jajaran produknya, mulai dari sepeda motor, mesin kapal laut, serta dua unit mobil mungil bernama Gear Spacia dan Xbee.

Baca juga: Ternyata Suzuki sudah lama jual dan produksi kei car di Indonesia

Pompa Bensin Jimny Bermasalah, Suzuki Tidak Sendirian

General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Ei Mochizuki mengatakan, produk itu dipajang di stasiun kereta, bukan untuk mengharapkan transaksi penjualan seperti di Indonesia. Cara ini dilakukan untuk mengenalkan kepada masyarakat.

"Hamamatsu ini adalah kota asal Suzuki, jadi produk ini hanya dipajang saja, dan tidak ada sales yang menjual produk di sini. Sama seperti ada Yamaha Musik dan perusahaan piano yang juga memajang produknya di stasiun ini," ucapnya di Jepang, beberapa waktu lalu.

Suzuki Gear yang menjadi salah satu model kei car di Jepang

Mochizuki mengatakan, di tembok-tembok lokasi dipajangnya sepeda motor dan mobil Suzuki tersedia brosur jajaran produknya. Sehingga, konsumen bisa lebih cepat mendapatkan informasi tentang kendaraan yang diinginkan, atau bahkan yang dipajang di sana. Namun, untuk pembelian hanya bisa dilakukan melalui diler resmi.

"Jadi mereka yang lewat di sini boleh lihat mobil atau motornya, lalu ada brosur yang bisa diambil. Kalau minat, transaksi dan segala macamnya harus ke showroom ya, lewat sales kami di sana," kata Mochizuki.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya