Layanan Sewa Truk Online akan Tersedia di Calon Ibu Kota Baru

Desain ibu kota baru.
Sumber :
  • istimewa

VIVA – Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo mengumumkan bahwa Ibu Kota akan dipindah, dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Ada dua wilayah yang bakal jadi pusat pemerintahan, yakni Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara.

Bea Cukai Banten Terbitkan Izin Fasilitas Gudang Berikat

Pada 2021 akan dimulai dibangun konstruksi dan infrastruktur dasar di kawasan seluas 2.000-3.000 hektare untuk kantor pusat, seperti istana presiden, kantor parlemen dan kantor-kantor kementerian yang ada. Diharapkan, pada 2024 sudah mulai dilakukan pemindahan.

Banyak yang harus disiapkan, mulai dari ketersediaan air, fasilitas jaringan telekomunikasi, hingga perumahan. Biaya yang akan dikucurkan sangat fantastis, mencapai Rp466 triliun.

Sebagian Angkutan Barang Tak Bisa Masuk Sumbar Periode Libur Idul Fitri, Cek Jadwalnya

Pembangunan tersebut dianggap sebagai prospek oleh banyak pengusaha. Termasuk, penyedia layanan aplikasi penyewaan truk secara online, On-Trucks.

Wujud kesiapan On-Trucks untuk berkontribusi pada pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur, adalah dengan kesigapan layanan, jaringan armada yang mumpuni, hingga melakukan survei ke Tanah Borneo.

BNPB Sebut Korban Gempa Bawean Butuh Pendampingan Psikososial untuk Atasi Trauma

“Tim On-Trucks telah datang dan melakukan penjajakan ke Kalimantan, untuk melihat sejauh mana kemungkinan perluasan jaringan dan relasi di Kalimantan Timur,” ujar Founder and Chief Executive Officer On-Trucks, Yohanes Rocky di Jakarta, Senin 11 November 2019.

Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia, Yukki Nugrahawan Hanafi menjelaskan, fokus pemerintah untuk membangun Ibu Kota di Kalimantan tidaklah mudah tanpa adanya dukungan dalam bentuk transportasi logistik.

“Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan akan membawa kemajuan tersendiri bagi dunia usaha logistik, khususnya di Kalimantan,” tuturnya.

Sebagai informasi, On-Trucks baru saja merayakan ulah tahun mereka ke-3. Selain kantor pusat di Jakarta, mereka juga memiliki kantor cabang di Semarang, Surabaya dan kantor representatif di Sukabumi.

“Terhitung Januari 2019 hingga Oktober 2019, On-Trucks menorehkan peningkatan total transaksi hingga dua ribu persen atau 20 kali lipat,” ungkap Chief Operating Officer On-Trucks, Teguh Siswanto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya