Servis Mobil Pasca Banjir, Pemilik Harus Siapkan Dana Sampai Rp50 Juta

Ilustrasi mobil terendam banjir
Sumber :
  • Dinas Sosial Aceh Singkil

VIVA – Pemilik yang kendaraannya terdampak banjir, disarankan untuk langsung memperbaikinya. Cara tersebut, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah karena air, dan kotoran yang menyangkut di mobil.

Sindir Heru Budi, Ketua DPRD: Siapapun Pj Gubernurnya Kalau Gak Radikal Ya Jakarta Tetap Banjir

Untuk melayani korban banjir, bengkel resmi Toyota misalnya, membagi tiga tipe perbaikan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga, konsumen tak perlu merogoh kocek dalam untuk servis mobilnya.

Untuk servis ringan pasca banjir (tipe C), dilakukan pada mobil yang masuk air sampai karpet dasar. Lalu servis kelas menengah (tipe B), jika mobil terendam sampai setengah badan atau batas dasbor. Bagi kendaraan yang terendam seluruhnya, bisa memilih perbaikan kelas berat, atau diklsifikasi sebagai servis tipe A.

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Kepala Bengkel Plaza Toyota Citeureup, Supriana mengatakan, biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan pasca banjir, sangat tergantung jenis mobilnya.

Baca juga: Mobil Kena Banjir, Harus Berapa Lama 'Bobo' di Bengkel?

Setelah Dubai, Hujan Ekstrem Diprakirakan Akan Landa Arab Saudi

"Biayanya beda-beda. Paket servis ini sudah termasuk pemeriksaan, pembersihan eksterior, interior, hingga mesin, di luar penggantian sparepart," ujarnya kepada VIVA.co.id, Rabu 8 Januari 2020.

Untuk servis tipe C, kata dia, konsumen harus menyiapkan dana mulai dari Rp4-Rp10 juta. Pengerjaan tipe B, estimasi dana yang harus dikeluarkan mulai dari Rp9-Rp40 juta. Sementara untuk tipe A, yang merupakan pengerjaan servis berat atau menyeluruh, budget yang harus disiapkan di kisaran Rp10-Rp50 juta.

"Ilustrasinya begini, ada dua kendaraan bekas banjir pilih paket tipe C, Camry dan Avanza. Mobil Avanza biayanya sekitar Rp4 jutaan, sementara yang Camry mulai dari Rp11 jutaan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya