Corona Pernah Viral di Indonesia, tapi Bukan Virus

Toyota Corona
Sumber :
  • Wikiwand

VIVA – Virus Corona sedang menjadi topik perbincangan di dunia maya. Hal ini bermula, ketika ditemukan 59 kasus pneumonia misterius yang menjangkiti warga di Wuhan, China.

Toyota dan Daihatsu Reformasi Besar-besaran

Dua di antara penderitanya meninggal dunia. Penyakit ini disebabkan oleh novel Coronavirus (nCov), sejenis virus baru yang satu keluarga dengan virus penyebab SARS dan MERS.

Meski tak ditemukan kasus baru di Wuhan, namun sudah terjadi dua kasus impor di Bangkok dan Tokyo. Sementara, puluhan kasus dugaan lainnya sudah ada di negara Asia lain sepertì Hong Kong, Vietnam, dan Singapura.

Daftar Mobil Hybrid Terlaris per Maret 2024, Angkanya Bikin Kaget

Jika menyebut Corona, sebenarnya di Indonesia nama itu pernah menjadi viral beberapa puluh tahun lalu. Namun, bukan terkait dengan virus atau penyakit, melainkan sebuah produk mobil buatan Toyota.

Baca Juga: Berburu Yamaha NMAX Lawas

Terpopuler: Mobil SUV Baru Toyota Rp147 Juta di Diler, Honda Brio Dipaksa Mundur

Dilansir dari laman resmi Toyota Global, Selasa 21 Januari 2020, Toyota Corona pertama kali hadir di dunia pada 1957. Mobil ini dibuat, untuk bersaing dengan Nissan Bluebird.

Konsep yang diusung Corona adalah, sebuah mobil berbentuk sedan yang nyaman dan memiliki performa cukup, namun dengan biaya operasional tidak jauh berbeda dari model Corolla.

Corona pertama kali dibuat di Indonesia, yakni pada 1970. Model yang ditawarkan adalah generasi ke-4, dan dirakit oleh PT Toyota Astra Motor di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mobil yang namanya mengandung arti ‘Mahkota’ itu dirakit dan dipasarkan di Tanah Air, hingga generasi ke-9. Model generasi ke-7 yang muncul sebelum era 1990-an, hadir dalam versi penggerak depan.

Pada 2001, Toyota memutuskan untuk tidak lagi menghadirkan Corona. Mereka mengisi segmen tersebut, dengan model Camry yang secara kasta tidak jauh berbeda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya