Ibu Kota Baru RI Khusus Kendaraan Listrik, Selain Itu Parkir di Luar

Mobil Listrik
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Konsep green city di ibu kota baru sepertinya jadi satu tantangan tersendiri bagi industri otomotif baik motor atau mobil. Apalagi pada saat pindah ibu kota yang rencananya akan dilakukan pada kuartal I 2024, hanya kendaraan-kendaraan tertentu yang boleh masuk. 

Mobil Listrik Toyota bZ3C dan bZ3X Resmi Meluncur, Begini Tampilannya

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan mengungkapkan, saat ini pihak Kemenhub juga tengah mendorong penggunaan kendaraan listrik atau electric vehicle. karena hanya jenis kendaraan itulah yang akan diizinkan untuk dipakai di IKN tersebut.

Bahkan, rencananya pemerintah juga akan mengatur kendaraan yang akan digunakan di IKN nanti, agar memiliki konsep autonomus vehicle atau kendaraan tanpa pengemudi.

Bakal Hijrah ke IKN, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran Pakai Mobil Dinas Listrik?

"Bagaimana nanti yang akan masuk dari Kota Samarinda dan Balikpapan? kalau dia tidak kendaraan listrik, dia nanti tidak boleh masuk ke kota itu," kata Luhut di Jakarta, dikutip dari VIVAnews, Kamis 27 Februari 2020. 

Karena sifatnya wajib menggunakan kendaraan listrik, Luhut menjamin ketersediaan infrastrukturnya di IKN baru nanti. Bagi yang tidak menggunakan kendaraan listrik pun akan disediakan tempat parkir di luar kawasan IKN.

Catat, Ini Daftar Bengkel yang Terima Konversi Motor Listrik Gratis

"Jadi nanti di luar kota itu ada tempat parkirnya non-kendaraan listrik, setelah itu masuk ke IKN pakai kendaraan listrik, atau bahkan transportasi publik yang juga berbasis listrik," tambahnya.

Suzuki Access

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Besar kemungkinan motor dari pabrikan asal Jepang tersebut akan memakai nama Suzuki e-Access, yang memiliki desain retro dan sudah dipasarkan versi bensinnya di India. ..

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024