Aturan Bikin SIM Pakai Psikotes Mulai Diperluas

Praktek ujian pembuatan SIM di Polres Tegal, Jawa Tengah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA – Pertengahan tahun lalu, Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat mulai menerapkan tes psikologi pada proses pembuatan surat izin mengemudi atau SIM.

PDIP Gelar Psikotes 26 Ribu Bacaleg Pemilu 2024

Menurut Polri, tes itu merupakan amanat Undang Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Dalam pasal 81 ayat (1) dijelaskan, syarat memperoleh SIM harus memenuhi usia, administratif, kesehatan, dan lulus ujian.

Tes psikologi yang dilakukan meliputi enam aspek, yakni konsentrasi, kecermatan, pengendalian diri, kemampuan menyesuaikan diri, stabilitas emosi, dan ketahanan kerja.

Hasil Psikotes Seleksi CPNS Nol, Kejagung Beri Tanggapan

Pada tahun ini, aturan yang sama juga diberlakukan oleh Polres Sukoharjo, Jawa Tengah. Menurut polisi, tes psikologi penting untuk diterapkan. Apalagi berdasarkan data, kecelakaan lalu lintas bukan hanya dikontribusikan dari kelalaian semata. Melainkan juga disebabkan psikologi pengemudi.

Ternyata, tak hanya Polres Sukoharjo saja yang memiliki niat untuk menerapkan aturan tersebut. Dilansir dari laman resmi Korps Lalu Lintas Polri, Sabtu 29 Februari 2020, psikotes untuk pembuatan dan perpanjangan SIM bakal digelar di seluruh wilayah Jawa Tengah.

Viral, Wanita Bagikan Tes Sederhana Apakah Kamu Psikopat

Hal itu tercantum dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/213/I/YAN.1.1/2020, tentang Pemberlakuan Tes Psikologi bagi Seluruh Golongan SIM di Seluruh Jajaran Polda Jateng.

“Tes psikologi ini berlaku baik bagi pembuatan SIM baru maupun bagi perpanjang SIM, dan juga untuk semua golongan SIM,” jelas Kasi SIM Satlantas Polres Sukoharjo, Aiptu Joko Priyanto.

Ilustrasi wawancara/interview kerja.

Modus Tes Psikologi, Pelamar Kerja Diperkosa di Apartermen 

SS, pria berusia 25 tahun ini ditangkap pihak kepolisian usai terbukti melakukan tindak rudapaksa atau pemerkosaan terhadap rekannya.

img_title
VIVA.co.id
17 September 2023