Virus Corona Akhirnya Bikin Produsen Otomotif di India 'Gembok' Pabrik

Mahindra.
Sumber :
  • Motoroids

VIVA – Setelah menghantam Inggris dan Amerika Serikat, Virus Corona COVID-19 akhirnya bikin industri otomotif India tak berdaya. Pabrikan-pabrikan besar yang berporduksi di salah satu pusat otomotif Asia itu bergiliran mengumumkan bahwa akan menghentikan produksinya sementara. 

Terpopuler: Pertalite Berubah di Papan Harga SPBU, Bocah Tabrakkan Mobil Jualan Sales

Dilansir dari Financial Express, Senin 23 Maret 2020, raksasa otomotif Maruti Suzuki India (MSI), Mahindra dan Honda Cars India Ltd, pada Minggu 22 Maret 2020, akhirnya mengumumkan bahwa akan mulai menggembok pabrik mereka hari ini.

Maruti Suzuki menghentikan produksi pabriknya di Guragaon dan Manesar hingga waktu yang nanti akan diumumkan. Sementara itu Honda mobil stop produksi pabriknya hingga 31 Maret mendatang.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 24 April 2024

Baca juga: Penampakan Ojol Disemprot Disinfektan Cegah Corona Menyebar

"(Stop produksi) kebijakan pemerintah sekarang mensyaratkan penutupan produksi dan, oleh karena itu, perusahaan telah mengambil keputusan tentang penutupan produksi," kata pernyataan resmi Suzuki Maruti.

Tak Cuma Ngamuk, Wanita Viral Ini Lakukan Pelecehan Verbal saat Mobilnya Digembok Dishub

Diler Suzuki Maruti.

Pabrik Mahindra di Maharashtra pun akan ditutup sementara. M&M juga telah menangguhkan operasi manufaktur di pabrik Nagpur dan juga akan menghentikan produksi di Chakan (Pune) dan Kandivali (Mumbai) mulai hari ini.

“Kami secara hati-hati memantau pandemi Virus Corona yang berkembang pesat dan akan terus mengambil tindakan cepat dan tepat pada pabrik lain di Maharashtra dan di seluruh negara,” kata perusahaan itu.

Selain itu, Fiat Chrysler Automobiles (FCA) bersama-sama dengan Fiat India Automobiles Private Limited (FIAPL) juga menghentikan sementara fasilitas manufaktur patungan FCA di Ranjangaon. Kemudian MG Motor India mengatakan produksi di pabrik Halol (Gujarat) ditutup hingga 25 Maret.

"Tidak akan ada PHK (Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan pabrik sebagai akibat dari penutupan pabrik. Semua akan terus menerima gaji mereka selama periode penutupan ini," sebut pernyataan resmi Fiat. 

Sementara itu Hyundai Motor India juga akan menghentikan produksi pabriknya di Chennai mulai hari ini. Penghentian produksi dilakukan hingga pemberitahuan lebih lanjut. 

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Virus Corona Tanpa Rusak Interior Mobil

Tak hanya produsen mobil, pabrikan Hero MotoCorp juga mengatakan telah menangguhkan produksi hingga 31 Maret. Karyawan di lokasi lain, termasuk Pusat Inovasi dan Teknologi (CIT) di Jaipur, akan terus bekerja dari rumah, kecuali mereka yang kehadiran fisiknya diperlukan.

Hero Destini 125

Selanjutnya pabrik Honda Motorcycle and Scooter India (HMSI) juga akan berhenti produksi sementara. Ada 4 pabriknya yang digembok hari ini karena COVID-19 untuk kurun waktu sesuai dengan kebijakan pemerintah.  

"Kesejahteraan karyawan dan semua pemangku kepentingan menjadi prioritas utama," kata pernyataan HMSI. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya