Jadi Komut BUMD, Koleksi Mobil Sudirman Said Bikin Terkejut

Sudirman Said (Kanan).
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

VIVA – Nama Sudirman Said beberapa tahun lalu, sering menghiasi pemberitaan di berbagai media. Ia sempat membantu Presiden Jokowi, sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral selama dua tahun.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

Kini, Sudirman dipercaya oleh Gubernur DKI, Anies Baswedan untuk menjadi Komisaris Utama salah satu Badan Usaha Milik Daerah yang bertanggung jawab atas ketersediaan beras di ibu kota, yakni PT Food Station Tjipinang Jaya.

"Pak Sudirman Said diangkat menjadi Komut PT Food Station Tjipinang Jaya," ujar Sekretaris Badan Pembinaan BUMD DKI, Riyadi.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Riyadi menyampaikan, Anies memilih mantan Direktur Materi dan Debat BPN Prabowo-Sandi itu karena kompetensinya. Sebelum menjadi menteri, Sudirman juga pernah menduduki beberapa posisi penting, seperti Direktur Utama PT Pindad dan Staf Ahli Direktur Utama PT Pertamina.

Baca juga: Selama PSBB, Enggak Semua Pelanggaran Lalu Lintas Kena Tilang

Pidato Lengkap Prabowo Subianto Usai Ditetapkan sebagai Presiden Terpilih

“Beliau punya pengalaman di korporasi dan birokrasi. Akan mulai bekerja Senin 26 April 2020,” tuturnya.

Banyak kalangan yang melihat, Sudirman adalah sosok yang bersih dari korupsi. Ia bahkan aktif di kegiatan antirasuah, dengan cara mendirikan beberapa organisasi, seperti Masyarakat Transparansi Indonesia dan Indonesia Institute for Corporate Governance.

Saat maju di Pilkada Jawa Tengah pada 2018, Sudirman melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi bahwa ia memiliki harta sebanyak Rp4,6 miliar. Dari jumlah tersebut, Rp3,7 miliar dalam bentuk 12 tanah serta bangunan.

Selain itu, ia juga memiliki dua kendaraan pribadi. Uniknya, mobil yang ada di garasinya bukan dari golongan mewah, yakni Toyota Avanza 2013 dan Mazda2 rakitan 2012. Nilai total kedua kendaraan itu, hanya Rp352 juta.

Dua tahun sebelumnya, Sudirman Said juga pernah memiliki Honda Freed lansiran 2011. Namun, mobil yang nilainya ditaksir Rp150 juta itu kemudian dijual.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya