Lawan Corona, Toyota dan Mitsubishi Produksi Alat Pelindung Wajah

Alat pelindung wajah atau Face Shield
Sumber :
  • dok. global Toyota Newsroom

VIVA – Pandemi COVID-19 yang terjadi di berbagai negara, tentunya juga berimbas pada industri otomotif dunia. Meski demikian, para produsen mobil berusaha untuk bisa berpartisipasi membantu memerangi virus Corona tipe baru tersebut.

Masker Beras Ternyata Memiliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan Kulit Wajah, Apa Saja?

Cara yang dilakukan pun sangat beragam, mulai dari menghentikan operasional pabrik guna memutus mata rantai penyebaran virus, hingga menyulap fasilitas produksi kendaraan menjadi lokasi untuk membuat berbagai macam alat pelindung diri atau APD sesuai standar medis.

Salah satu APD yang mulai diproduksi oleh pabrikan otomotif global adalah alat pelindung wajah, atau lebih dikenal dengan nama face shield. Alat ini berwujud lembaran plastik keras, yang dirancang menutupi muka seperti visor pada helm.

Kemudahan Beli Mobil di Platform Online, Banyak Promo Menarik

Face shield tersebut kini mulai digenjot produksinya oleh dua pabrikan otomotif Jepang, Mitsubishi dan Toyota. Dari siaran pers, diketahui Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mulai memproduksi 1.500 alat pelindung wajah setiap bulannya.

Baca juga: Beredar Surat Resmi untuk Pelanggan Toyota di Indonesia, Apa Isinya?

5 Cara Menghilangkan Komedo Tanpa Dipencet, Rajin Pakai Scrub

Untuk membuat alat tersebut, merek otomotif berlogo 'Tiga Berlian' itu memanfaatkan fasilitas produksi di Okazaki, di Prefektur Aichi dan Pajero Manufacturing di Prefektur Gifu, Jepang. Nantinya face shield akan disumbangkan ke rumah sakit yang ada di sekitar wilayah tersebut.

Sementara dari merek Toyota, diketahui produksi alat pelindung wajah dilakukan di tiga pabrik sekaligus, yakni di Toyota Industries Corporation-Kyowa Plant, lalu Toyota Motor Corporation-Teiho Plant dan Motomachi Plant , serta Toyota Motor East Japan,-Miyagi Ohira Plant.

Mitsubishi Motors Corporation produksi dan sumbangkan alat pelindung wajah

Awalnya Toyota memproduksi 500 sampai 600 lembar face shield per minggu, namun jumlah ini terus ditingkatkan untuk menyesuaikan kebutuhan penggunaan alat pelindung wajah tersebut oleh tenaga medis yang berjuang menyembuhkan pasien COVID-19.

Diketahui kini Toyota menggenjot produksi plastik pelindung muka itu menjadi sekitar 2 ribu lembar per hari, atau bisa mencapai 40 ribu pieces setiap bulannya. Jumlah ini akan terus ditingkatkan, hingga mencapai 70 ribu face shield setiap bulan.

Toyota Group bermaksud memprioritaskan penyediaan perisai wajah medis yang dihasilkannya, untuk disumbangkan ke berbagai fasilitas kesehatan, dan ke pemerintah daerah di wilayah pabriknya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya