Waze Ungkap Data Menarik soal PSBB di Jakarta

Ilustrasi Waze dan Google Maps.
Sumber :
  • MakeUseOf

VIVA – Aplikasi peta berbasis komunitas, Waze memiliki data menarik tentang penerapan pembatasan sosial berskala besar di empat wilayah di Indonesia. Yakni Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, dan Tangerang.

2 Perusahaan Asal Israel yang Marak Digunakan Masyarakat Indonesia

Adanya PSBB berbarengan dengan jatuhnya bulan ramadhan tahun ini. Otomatis, warga tidak bisa buka puasa di luar rumah, atau berkunjung ke rumah kerabat.

Adanya pembatasan sosial juga menutup akses ke pusat perbelanjaan. Kegiatan membeli barang, baik untuk keperluan sehari-hari maupun lebaran, terpaksa dilakukan melalui jalur online.

Exploring Teknologi Buatan Israel yang tanpa Sadar Digunakan di Indonesia & Dunia

Alhasil, jalanan menjadi lengang. Menurut data Waze, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi, Jumat 12 Juni 2020, jarak tempuh rata-rata saat penerapan PSBB di Jakarta turun sebesar 72 persen.

Baca Juga: Mau Punya Motor Binter, Siapkan Uang Segini

6 Most Significant Israeli Inventions in Common Use Today

Angka tersebut adalah yang tertinggi, di antara tiga wilayah lainnya. Tangerang hanya mencatat angka 70 persen, Bekasi 60 persen dan terakhir, Tangerang Selatan 55 persen.

Saat warga merayakan lebaran di tengah penerapan PSBB, penurunan jarak tempuh rata-rata tertinggi ditempati oleh Bekasi dengan angka 76 persen. Selisih ini dihitung dengan berpatokan pada rata-rata harian global Februari untuk periode dua pekan, yakni 11 Februari hingga 25 Februari 2020.

Jakarta berada di peringkat kedua dengan 72 persen, diikuti oleh Tangerang Selatan dan Tangerang dengan penurunan masing-masing 53 persen dan 38 persen.

Sebagai informasi, Waze adalah peta digital yang dibekali dengan fitur navigasi. Pada aplikasi ini, pengguna bisa saling terhubung. Hal ini bisa membuat kamu bisa mengetahui, informasi yang diberikan oleh pengguna lain ketika melewati jalan yang sama. Rute tercepat juga tersedia, selain itu ada juga informasi soal jalan rusak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya