7 Merek Mobil Beken yang Tak Pakai Nama Pendirinya

All-New BMW Seri 8 Coupé, BMW M850i xDrive Coupe & M Carbon
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Banyak perusahaan mobil di dunia yang namanya sesuai dengan nama belakang pendirinya. Misalnya Ford dan Chrysler, keduanya sesuai dengan nama belakang pendiri mereka yaitu Henry Ford dan Walter Chrysler. 

Intip Arti Kesuksesan bagi Presiden Direktur P&G Indonesia

Dilansir dari Bussines Insider, Selasa 13 Agustus 2019, pemilihan merek dagang atau nama perusahaan mobil ternyata tak semudah menggunakan nama belakang keluarga sang pendiri. Ada sejumlah merek-merek beken yang memiliki makna yang kuat. 

Berikut ini tujuh merek mobil yang tidak menggunakan nama keluarga atau nama belakang pendirinya:

Praktisi Tegaskan Karyawan Harus Jadi Prioritas Utama Penerima Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

1. Subaru

Subaru Impreza 2012

Peringati May Day, Buruh di Medan Bawa Kerenda Mayat Simbol Matinya Keadilan

Subaru adalah bahasa Jepang yang berarti Unite atau persatuan. Nama tersebut juga merupakan gugus bintang enam di Pleiades, sebuah rasi bintang di Taurus. 

Rasi bintang tersebut pun yang menginspirasi logo perusahaan, Subaru pun mengklaim sebagai pembuat mobil pertama dengan nama Jepang. 

2. Nissan

Pembukaan diler Nissan Datsun di Pekanbaru, Riau

Nissan awalnya bernama Jidosha-Seizo Kabushiki-Kaisha, atau Automobile Manufacturing Co. Ltd. Namun, perusahaan ini berganti nama menjadi Nissan pada 1934.

Nama itu diubah ketika Nippon Sangyo, sebuah perusahaan induk yang dimiliki ayah sang pendiri, membeli perusahaan itu.

3. Audi

Audi Q8

Ketika pendiri Audi, August Horch pertama kali memutuskan untuk menamai perusahaan barunya, ia mempertimbangkan untuk menggunakan nama belakangnya. Namun, namanya sudah digunakan oleh A. Horch & Cie. Motorwagen Werke, sebuah perusahaan mobil yang dia bantu.

Horch yang dalam bahasa Jerman berarti mendengarkan, diterjemahkan ke bahasa Latin menjadi Audi. Nama itu lah yang akhirnya digunakan.

4. Cadillac

Cadillac One.

Pendiri Cadillac, Henry Leland, menamai perusahaan itu dengan nama Antoine de la Mothe Cadillac. Nama tersebut adalah pendiri pemukiman yang kini menjadi kota Detroit.

5. FIAT

Fiat Stanga Barchetta

Nama Fiat memiliki dua arti, disengaja atau tidak. Nama itu adalah akronim untuk Fabbrica Italiana Automobili Torino, yang secara kasar diterjemahkan menjadi pabrik mobil Italia Turin. Namun, kata Fiat juga merupakan kata Latin dari biarkan dilakukan.

6. BMW

BMW Premium Selection di GIIAS 2019.

Perusahaan ini dimulai pada 1916 sebagai pembuat mesin pesawat Bayerische Flugzeug-Werke - atau Bavarian Plane Manufacturing. Namun, namanya berubah menjadi Bayerische Motoren Werke atau Bavarian Motor Work pada 1917.  Sejak itu namanya disingkat menjadi inisialisasi yang lebih dikenal BMW.

7. Aston Martin

Mobil baru Aston Martin

Martin berasal dari salah satu nama terakhir pendiri, tetapi Aston dinamai setelah Aston Clinton Hill Climb, sebuah balapan di Buckinghamshire, Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya