Jumlah Mobil di Indonesia Terbanyak se-Asia Tenggara

Ekspor Toyota Fortuner buatan Indonesia
Sumber :
  • TMMIN

VIVA – Meskipun banyak produsen mobil belum menjadikan Indonesia basis produksinya di Asia Tenggara, populasi mobil di Tanah Air, ternyata terbesar. Tercatat, ada 60 persen mobil yang ada di kawasan tersebut. 

Ekspansi Bisnis Gaming di Asia Tenggara

Sementara itu, dilansir dari Paultan, Jumat 27 September 2019, 40 persen sisanya, merupakan gabungan kolektif dari sembilan negara Asia Tenggara lainnya.

Saat ini, sekurangnya ada 220 juta unit mobil yang tersebar di seluruh negara di kawasan Asia Tenggara. 

Lewat Mitratel, Erick Pede Telkom Jadi Digital Telco Terbesar di ASEAN

Angka tersebut, merupakan hasil perhitungan 2017, di mana jumlahnya mengalami peningkatan 167,8 persen dibandingkan 2005 silam. Dari 220 juta unit itu, sekurangnya ada 130 juta unit mobil yang berada di Indonesia. Tentu, angka tersebut terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Besarnya populasi mobil di Indonesia tersebut bukan berarti ekonominya lebih baik dari negara lain. Hal ini terjadi, karena RI punya penduduk yang besar. Sebab, apabila diukur menggunakan skala rasio dibandingkan dengan penduduk, jumlah populasi jumlahnya tak sebanyak negara Asia Tenggara lainnya, dengan hanya menduduki urutan kelima.

Terungkap, Penyebab Masih Rendahnya Konsumsi Susu Masyarakat RI

Berdasarkan data yang dihimpun laman Seasia.co, setiap seribu penduduk Indonesia, hanya ada 87 orang yang memiliki mobil.

Sedang yang tertinggi adalah Brunei Darussalam, di mana skala rasionya berada di angka 721 banding seribu penduduk. (asp)

Ilustrasi wilayah Indonesia

Ini 5 Negara yang Menjadi Sekutu Indonesia Jika Terjadi Perang Dunia

Indonesia memiliki sejarah panjang di antara kekuatan Barat dan Kekuatan Timur, namun Indonesia menjadi negara non-blok tapi memiliki negara sekutu Indonesia

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022