Wakili Jokowi, Menperin Buka IIMS Motobike Expo 2019

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita membuka pameran IIMS Motobike Expo 2019.
Sumber :
  • VIVAnews/ Fikri Halim

VIVA – Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka pameran IIMS Motobike Expo 2019 yang digelar di Istora Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 29 Agustus 2019. 

Kabar Baru Insentif Mobil Hybrid, Kementerian Keuangan Juru Kuncinya

Agus mewakili Presiden Joko Widodo yang awalnya direncanakan membuka pameran kendaraan roda dua itu. 

Jokowi diketahui bertolak menuju Subang, Jawa Barat, dalam rangka kunjungan kerja, pagi hari ini. Salah satu agendanya adalah meninjau proyek dermaga sandar pelabuhan Patimban Fase I. 

Golkar: Kabinet Tidak Boleh Dibatasi karena Prerogatif Presiden

"Saya memberikan sambutan atas perintah dari bapak presiden, mewakili bapak Presiden yang kebetulan hari ini seharian beliau ada di Jawa Barat, beliau menyampaikan salam," kata Agus dalam sambutannya, Jumat, 29 November 2019. 

Dia mengatakan, pemerintah juga mendorong penggunaan kendaraan listrik atau energi yang ramah lingkungan. Pemerintah, lanjut dia, telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang percepatan program kendaraan bermotor listrik berbasis bateri untuk transportasi jalan. Perpres itu telah diundangkan sejak 12 Agustus 2019.

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

"Dimana hal terkait dengan percepatan program telah diakui secara rinci mulai pengembangan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) dan insentif yang diberikan," ujar Agus. 

Politikus partai Golkar itu mengatakan, PT PLN juga telah berkomitmen mendorong kendaraan listrik tersebut. Selain itu, kendaraan listrik adalah peluang baru bagi industri manufaktur.

Apalagi, kata dia, pemerintah juga telah memberikan insentif super deduction tax untuk kegiatan riset dan pengembangan (R&D) kendaraan listrik. Hal itu tertuang dalam aturan Peraturan Pemerintah Nomor 45 Tahun 2019, dimana investasi yang melakukan riset dan pengembangan diberi insentif pajak mencapai 300 persen. "Ini suatu hal yang luar biasa. Mudah-mudahan produsen bisa memanfaatkan kebijakan tersebut," katanya.

Kepada agen pemegang merek yang masih membawa produknya dari luar, Agus mengajak untuk berinvestasi di Indonesia. "Untuk teman-teman yang masih membawa produknya impor, saya kira ini waktu yang tepat untuk melakukan investasi di Indonesia," ujar Agus. 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut EVP Corporate Communication dan CSR PLN I Made Suprateka, Direktur Jenderal Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kementerian Perindustrian Harjanto dan Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya