BMW Bangun 3 Sanggar Anak di Jakarta

VIVAnews - BMW Indonesia mengumumkan pengalokasian dana sebanyak US$ 30.000 untuk mendirikan tiga Sanggar Kegiatan Anak bagi anak-anak kurang mampu di Jakarta. Kegiatan ini dilakukan sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial BMW Group di Indonesia.   

Pada CSR ini, BMW menggandeng lembaga nirlaba Indonesian Street Children Organization (ISCO).

“Sejalan dengan pemahaman BMW Group tentang komitmen sosial yang berkelanjutan, kami memfokuskan untuk membantu anak-anak dan generasi muda,” kata Presiden Direktur BMW Indonesia Ramesh Divyanathan, dalam keterangannya, Kamis 28 Januari 2010.

Dia mengatakan, BMW Indonesia telah mengamati dan menelaah kondisi masyarakat di Jakarta, memahami kebutuhan apa yang paling mendesak. Untuk menyediakan dukungan yang paling efektif bagi generasi muda, BMW Indonesia memutuskan untuk menyediakan dukungan pendidikan bagi anak-anak kurang mampu di wilayah Jakarta.

Sanggar ini didirikan di daerah-daerah padat penduduk di mana sebagian besar masyarakatnya mencari nafkah sebagai pemungut sampah, buruh angkut, penjual barang bekas, peminta-minta, dan pedagang asongan. Tiga lokasi yang telah dipilih adalah Cipinang Besar Utara di Jakarta Timur, Pademangan di Jakarta Utara, dan Kampung Gege di Jakarta Barat.

Berbagai kelas-kelas pendidikan ekstra kurikuler akan disediakan bagi anak-anak usia 6 - 18 tahun. Sedangkan seleksi penerimaan akan didasarkan pada kebutuhan dan minat akademik yang di tunjukkan oleh masing-masing anak. 

Anak-anak yang akan diterima adalah anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu, di mana orang tua mereka masuk dalam kategori batas pendapatan tertentu dan secara jelas menunjukkan niat untuk mendapatkan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak mereka.

Kelas-kelas yang merangsang kreativitas akan diadakan untuk menstimulasi dan memotivasi minat anak-anak untuk belajar. Vitamin, susu dan makanan bergizi juga akan dibagikan saat mereka beristirahat. Dengan disediakannya fasilitas ini, mereka juga dijauhkan dari bahaya kejahatan dan obat-obatan terlarang di jalanan.

Sanggar Kegiatan Anak pertama yang didukung oleh BMW akan dibuka di Pademangan April 2010 ini, sedang dua fasilitas lainnya akan dibuka pada bulan berikutnya.

Didirikan pada 2001, BMW Indonesia telah terlibat secara aktif dalam program-program CSR sejak 2003. Beberapa keterlibatan penting BMW termasuk didirikannya Kelas Super di Jakarta, pengembangan dan pengoperasian Bintang Mobil Belajar untuk pendidikan IT, sains, dan kesehatan bagi murid-murid sekolah menengah pertama.

BMW juga mendirikan Taman Pendidikan Tsunami di Aceh dan menggalang dana untuk korban gempa Padang tahun 2009 lalu.

hadi.suprapto@vivanews.com

Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Perbaiki Kualitas APBD, Singgung Permukiman Kumuh
Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Ungkap 2 Hal yang Dilakukan Guna Mencegah Korupsi

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni membuka Rakor Program Pemberantasan Korupsi Wilayah II Diseminasi MCP KPK tahun 2024 di Palembang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024