Luncurkan Layanan Mobil Listrik, GrabCar Pasang Tarif Lebih Mahal

Peluncuran layanan mobil listrik Grab Indonesia di Terminal 3 Soetta
Sumber :
  • Sherly/VIVAnews

VIVA – Aplikasi pemesanan kendaraan, yakni Grab Indonesia kembali mengembangkan layanan transportasinya. Kali ini, Grab menyediakan GrabCar yang menggunakan mobil elektrik.

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata, mengatakan, layanan tersebut hadir untuk mendukung program pemerintah. Sebab, pemerintah tengah mengubah gaya hidup masyarakat yang tadinya menggunakan kendaraan dengan emisi karbon ke kendaraan listrik.

"Layanan ini merupakan langkah awal kami untuk mendukung dan membantu program pemerintah dalam menggunakan kendaraan listrik sebagai transportasi publik," kata Ridzki dalam peluncuran layanan GrabCar Elektrik di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin, 27 Januari 2020.

Kemenperin Dorong IKM Berperan dalam Ekosistem Kendaraan Listrik

Sebagai langkah awal, pihaknya menggunakan 20 unit kendaraan mobil listrik dari Hyundai Motor Indonesia. Dalam penyediaan layanan mobil listrik ini, pihaknya pun memasang tarif lebih tinggi dari tarif reguler.

"Kalau untuk tarif memang berbeda, akan lebih naik sekitar 10 sampai 15 persen dari yang biasanya," ujarnya.

Ragam Kendaraan Listrik Canggih Siap Meriahkan Pameran PEVS 2024

Biasanya untuk tarif GrabCar yang menggunakan kendaraan dengan bahan bakar minyak (BBM) akan dikenakan tarif mulai Rp16 ribu hingga Rp18 ribu per kilometer. Berbeda dengan kendaraan listrik yang akan dikenakan tarif kisaran Rp17 ribu hingga Rp25 ribu per kilometer.

Menurutnya, perbedaan tarif pada layanan ini dikarenakan mobil yang nyaman dan lebih eksklusif. Ditambah, mitra GrabCar yang akan membawa mobil listrik ini pun merupakan mitra pilihan.

Sementara itu, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, yang turut hadir dalam peluncuran itu juga meminta pihak Grab dapat memberikan subsidi, sehingga masyarakat tidak merasakan tarif yang begitu mahal.

"Soal tarif kita tentu minta pihak Grab bisa memberikan subsidinya, agar masyarakat mau juga menggunakan layanan ini," ungkapnya.

Layanan GrabCar Elektrik ini pun hanya bisa dipesan di Terminal 3, Bandara Soetta. Untuk sementara waktu, jangkauan mobil ini hanya melayani wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya