Sekali Cas, Bus Listrik BYD Bisa Tempuh 250 Km

Dua unit bus listrik BYD yang sedang diuji coba oleh Transjakarta
Sumber :
  • viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Beberapa waktu lalu, PT Bakrie Autoparts dan PT TransJakarta melakukan uji coba bus listrik di Ibu Kota. Tujuannya adalah sebagai tindak lanjut dari Peraturan Presiden nomor 55 tahun 2020 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi jalan.

PLN Operasikan SPKLU Khusus Angkot Listrik di Kota Bogor

Selain itu, uji coba juga digelar demi memenuhi Instruksi Gubenur DKI Jakarta nomor 66 tahun 2019 tentang Pengendalian Kualitas Udara. Prosesnya dilakukan selama tiga bulan.

Dari hasil pengujian tersebut, diketahui bahwa kedua bus BYD yang dipakai untuk uji coba memiliki jarak tempuh
sekitar 250 kilometer, sebelum baterainya harus diisi ulang dengan durasi pengecasan kurang dari empat jam.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

Selama masa uji coba, bus EV1 itu mendapat sambutan antusias dari pelanggan, di mana tercatat telah melayani sebanyak 100 orang setiap harinya, khususnya jelang memasuki masa PSBB jilid II.

Baca juga: Innova Venturer Facelift Jadi Lebih Mewah

Ramai Mobil Listrik, Transaksi di SPKLU PLN Naik 2 Kali Lipat saat Mudik

Selama diuji coba, kedua bus listrik ini memiliki catatan evaluasi yang baik dan memuaskan baik secara layanan maupun dari sisi mesin hingga ketahanan baterai.

Dilansir VIVA Otomotif dari keterangan resmi Bakrie Autoparts, Rabu 7 Oktober 2020, kedua bus BYD ini dinyatakan telah memenuhi standar dari operasional Transjakarta dengan sangat baik.

Hasilnya juga telah dilaporkan kepada Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan saat ini kedua pihak menunggu arahan dari Dishub DKI Jakarta untuk melakukan tahapan selanjutnya dari upaya pengimplementasian penggunaan bus listrik secara penuh di DKI Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya