Sangarnya Pesawat dan Mobil Eks Kombatan GAM yang Jadi Gubernur Aceh

Gubernur Aceh nonaktif Irwandi Yusuf menjalani sidang dengan agenda pembacaan dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Gubernur nonaktif Aceh, Irwandi Yusuf sejak tahun lalu harus merasakan dinginnya penjara usai terlibat kasus korupsi. Ia divonis tujuh tahun oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jakarta.

Model Steffy Burase Cerai dari Eks Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Hal Ini Jadi Alasan

Presiden Jokowi dikabarkan sudah mencopot status Irwandi sebagai gubernur, namun saat ini masih menunggu proses di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh untuk ditindaklanjuti.

Saat menjabat sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022, Irwandi terbukti menerima suap proyek yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahun 2018.

135 Pengungsi Rohingya Dipindah ke Ladong Aceh Besar, Langsung Ditolak Warga Setempat

Pria yang pernah aktif sebagai kombatan Gerakan Aceh Merdeka atau GAM itu juga terbukti menerima gratifikasi sebesar Rp8,71 miliar dan Rp32,45 miliar.

Baca juga: Lucunya Motor Baru Yamaha, Mirip Minion

Raffi Ahmad Ungkap Harga Mobil Koleksinya, Ada yang Sampai Rp20 Miliar?

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif di laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi, Kamis 15 Oktober 2020, Irwandi pernah melaporkan hartanya pada 2016, yakni saat ia mencalonkan diri menjadi gubernur.

Kala itu, ia diketahui memiliki kekayaan sebanyak Rp14 miliar, dan Rp1,8 miliar dalam bentuk kendaraan pribadi. Dalam daftar tersebut, Irwandi menyatakan bahwa ia memiliki sederet mobil gagah sport utility vehicle, mulai dari Jeep Wrangler hingga Land Rover Freelander.

Namun, yang paling membuat kaget yakni adanya satu unit pesawat terbang Shark Aero buatan 2014, yang saat ini nilainya diprediksi Rp500 juta.

Pesawat terbang Shark Aero

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya