Selain Jokowi, Lima Tokoh Nasional Ini Juga Diabadikan Jadi Nama Jalan

Tokoh nasional Indonesia diabadikan jadi nama jalan di Belanda
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube

VIVA – Nama Presiden Joko Widodo diabadikan sebagai salah satu nama jalan yang ada di Uni Emirat Arab. Pemberian nama itu diresmikan pada Senin 19 Oktober 2020 oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office, Sheikh Khalid bin Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

Melalui akun Instagram, Presiden Jokowi mengaku bahwa pemberian nama jalan yang menjadi akses beberapa kantor kedutaan itu, adalah gambaran betapa eratnya hubungan kedua negara.

"Ini tentu sebentuk penghargaan dan kehormatan. Bukan untuk saya pribadi semata-mata, tetapi untuk Indonesia,” ujarnya di unggahan tersebut.

CEO Freeport Temui Jokowi di Istana, Bahas Smelter hingga Perpanjangan Izin Tambang

Berdasarkan penelusuran VIVA Otomotif dari berbagai sumber, Selasa 20 Oktober 2020, sebelum Presiden Jokowi setidaknya ada lima tokoh nasional yang namanya juga diabadikan sebagai nama jalan.

Baca juga: Honda Buka-bukaan soal Mobilio Baru

Jokowi Inaugurates Gumbasa Dam with Total of IDR 1.25 Trillion

Seperti Raden Ajeng Kartini, yang namanya terpampang pada empat ruas jalan yang ada di Belanda. Lalu ada juga Proklamator Indonesia, Ir Soekarno yang namanya ada di Maroko dan Mesir.

Demikian pula dengan Wakil Presiden Pertama Indonesia, Muhammad Hatta, yang namanya dijadikan sebagai nama jalan di Haarlem, Belanda.

Pemerintah Negeri Kincir Angin juga memberi penghargaan pada Thomas Matulessy, atau yang lebih dikenal dengan nama Pattimura. Di dekat lokasi, ada juga Jalan Martha Christina Tiahahu yang berasal dari Maluku.

Nama terakhir adalah Sutan Syahrir, yang merupakan perdana menteri Indonesia pertama. Ada tiga ruas jalan yang menggunakan nama tersebut di Negeri Tulip.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya