Rest Area di Tol Cipali Punya Fasilitas ala Hotel, Sudah Tahu?

Ilustrasi Rest Area di tol Cikopo Palimanan.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

VIVA – Seperti ruas tol jauh lainnya, pengemudi bisa menemukan 8 lokasi beristirahat atau rest area selama melintasi tol Cipali. Fasilitas itu disiapkan, agar pengemudi maupun penumpang bisa beristirahat sejenak sebelum mencapai lokasi tujuan.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung, Pemudik Diimbau Kooperatif Ikuti Arahan Petugas

Seperti diketahui, pengemudi disarankan untuk memacu kendaraannya tak lebih dari 3 jam ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Cara ini dilakukan, agar badan bisa beristirahat sejenak, dan nantinya tetap fit serta tak berkurang konsentrasinya.

Agar pengemudi dan penumpang mobil bisa beristirahat sejenak, rest area biasanya disiapkan parkir luas, tempat penjual makanan, minimarket, toilet, hingga masjid untuk beribadah. Namun, di ruas KM 86a tol Cipali, ada satu fasilitas yang biasanya ada di kamar hotel.

One Way Arus Balik Tol Kalikangkung Arah Cipali KM 72 Mulai Diberlakukan

Fasilitas yang dimaksud adalah Toilet sekaligus juga bisa dijadikan tempat mandi, bahkan lengkap dengan shower yang mengucurkan air panas untuk penggunanya. Lokasinya, berada di area parkir untuk kendaraan jenis bus dan truk.

"Fasilitas di rest area ini salah satunya ruang mandi air panas. Kami siapkan untuk pengemudi truk, tetapi saat ada sopir mobil kecil mau pakai, tidak dilarang," ujar Justinus Wisnu Dewanto, Consession Monitoring, Compliance & EHS Astra Tol Cipali, beberapa waktu lalu.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Photo :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Wisnu mengatakan, fasilitas kamar mandi dengan pancuran air panas tersebut, disediakan berdasarkan dari hasil riset dan masukan dari para pengguna rest area, terutama pengemudi truk maupun bus AKAP yang harus berkendara dalam jarak jauh.

Kamar mandi air panas itu, kata dia, dibangun sejak pertengahan tahun lalu dan kini banyak dipakai oleh pengemudi. Untuk memanfaatkan fasilitas tersebut, pengunjung sama sekali tak dikenakan biaya alias gratis.

"Harapannya setelah beristirahat sejenak, lalu mandi dengan air panas ini, sopir bisa cukup bugar. Saat mereka berkendara dalam kondisi fit, maka bisa mengurangi tingkat risiko terjadinya kecelakaan," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya