Stiker Kecil Ini Bisa Buka Portal Gerbang Tol Otomatis

Stiker Flo untuk membayar tol
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Jasa Marga sedang menyiapkan cara baru pembayaran biaya tol, yang diklaim sangat praktis dan cepat. Sistem ini diberi nama Flo, dan saat ini sedang dalam tahap uji coba.

Erick Beberkan Alasan Stasiun Kereta Cepat Karawang Belum Beroperasi 

Sistem ini menggunakan teknologi aplikasi di ponsel, yang digabungkan dengan stiker khusus yang berbasis Radio Frequency Identification atau RFID.

“Dengan mengunduh aplikasi Flo di smartphone, lalu mengkoneksikannya dengan Sticker Flo, maka pengguna jalan tidak perlu lagi berhenti untuk tapping uang elektronik saat melewati gerbang tol,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Tollroad Operator, Septerianto Sanaf, dikutip VIVA Otomotif dari laman resmi Jasa Marga, Senin 22 Maret 2021.

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

Beberapa video terkait uji coba tersebut beredar luas di media sosial. Contohnya seperti yang ada di laman Instagram @makassar_iinfo, di mana gerbang otomatis terbuka saat mobil berada di jarak 1-2 meter.

Uniknya, kecepatan kendaraan saat percobaan itu cukup kencang. Hal itu membuat banyak warganet yang bertanya-tanya, bagaimana jika saldo habis atau ada gangguan pada alat.

Viral Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung, Sopir Pontang-Panting Mengejar

“Gmna klo supir lupa klo uang d kartunya habis?” tanya warganet.

“Wah bahaya jg klw tiba2 alat scannya rusak trus pengemudi gak tau,” kata warganet lainnya.

Sementara itu, pada akun Instagram @okideface ditunjukkan bagaimana proses pemasangan stiker Flo. Petugas menjelaskan, bahwa posisi yang paling tepat adalah di lampu depan, karena harus bebas dari unsur logam.

Pemasangan di kaca depan tidak bisa dilakukan, sebab sinyal radio bisa terganggu oleh adanya kaca film. Petugas tersebut juga mengungkapkan, bahwa kecepatan ideal untuk melewati gerbang tol yang dibekali sistem Flo yakni 20 kilometer per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya