Pemerintah Bisa Lakukan Ini pada Operator Angkutan Umum Nakal

Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di terminal Bekasi, Jabar.
Sejumlah calon penumpang bersiap menaiki bus di terminal Bekasi, Jabar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc

VIVA – Wajah angkutan umum di Jakarta berangsur mengalami perubahan, demi menciptakan layanan yang lebih baik pada warga Ibu Kota. Seperti adanya integrasi antarmoda, hingga sistem pembayaran nontunai.

Pemerintah terus berupaya, supaya hal positif tersebut juga bisa diwujudkan di sektor angkutan umum yang ada di wilayah lain, termasuk antarkota.

Salah satu contohnya, yakni diadakannya seminar dan lokakarya oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di Sulawesi Utara.

Tujuannya adalah agar tercipta satu persepsi terhadap peraturan maupun ketentuan yang berlaku di bidang angkutan jalan, sehingga dapat meningkatkan keselamatan, ketertiban, dan pelayanan kepada masyarakat pengguna angkutan umum.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal.
Photo :
  • Dok: Kemenhub

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal.

Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub, Risal Wasal menegaskan pentingnya para operator memiliki perizinan angkutan umum dan menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan, yang bertujuan untuk menjamin keamanan dan keselamatan transportasi.

"Selain memiliki perizinan, operator juga harus dapat mempertahankan pelayanan dan memperhatikan kendaraan yang laik jalan," ujarnya melalui keterangan resmi, dikutip VIVA Otomotif Sabtu 23 Oktober 2021.